oleh

Lestarikan Kesenian Tradisional, Babinsa Koramil 0804/01 Magetan Amankan Pagelaran wayang kulit Di Desa Purwosari

Magetan. kabarberitanews.com – Babinsa desa Purwosari Koramil 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Serda Mujianto memantau dan mengamankan kegiatan Pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati hari Safari Budaya dengan  Ki Dalang Jalu Pandoyo serta bintang tamu Apri dan Mimi Uget Uget dari Klaten Jawa tengah bertempat di Lapangan Desa Purwosari Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.

Kegiatan Pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati hari Safari Budaya dengan dalang Ki.Jalu Pandoyo serta bintang tamu Apri dan Mimi uget uget dari Klaten Jawa tengah dihadiri oleh Kepala Desa Purwosari Rajab, Babinsa Desa Purwosari Serda Mujianto,Bhabinkamtibmas Bripka Parno,Dalang Ki.Jalu Pandoyo beserta krunya,Perangkat Desa Purwosari, Seluruh Warga Desa Purwosari.

Wayang kulit merupakan budaya warisan leluhur yang sangat tinggi nilainya. Pagelaran wayang kulit ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Safari Budaya,sebagai penyelenggara Pemerintah Desa Purwosari Kecamatan Magetan.

Bertempat di lapangan desa Purwosari  dilaksanakan pagelaran wayang kulit tema yang diambil “Semar Mbangun Kahyangan” dengan Ki dalang Jalu Pandoyo.

Melihat antusiasme penonton yang memadati lokasi,Serda Mujianto   berkesempatan  menyampaikan pesan pertahanan dan keamanan sebelum pagelaran dimulai, “Bapak/ibu/adik-adik yang hadir disini jangan lupa sebelum ke sini untuk rumah yang ditinggal dalam keadaan terkunci,kompor dimatikan lampu dinyalakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya.Juga jangan lupa untuk Sepeda motor diparkir yang rapi dan dalam keadaan terkunci bila perlu gunakan kunci ganda untuk keamanannya”, tuturnya.

Danramil 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani  mengatakan bahwa kesenian Wayang kulit merupakan seni tradisional masyarakat Magetan khususnya yang banyak diminati oleh warga pedesaan,namun karena untuk menggelarnya butuh biaya  yang tidak sedikit sehingga dengan adanya pagelaran  wayang ini penontonnya meriah, tutupnya.(R.01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed