oleh

Vaksinasi “Door to Door”, Upaya Memudahkan Warga Desa Selopanggung Dapatkan Akses Vaksin Covid-19

Magetan. Petugas gabungan Posramil Ngariboyo Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan dan Polsek Ngariboyo melakukan pemantauan vaksinasi di Desa Pendem dan vaksinasi secara door to door di Desa Selopanggung Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Kamis (28 /10/2021)

Kegiatan vaksinasi Dosis 2 di Desa Pendem dihadiri oleh Wakapolsek ngariboyo  IPDA Handoko dan 4 orang anggota, Kepala desa Pendem  Bpk Kusnanto, Babinsa desa Pendem Serka Puryanto dan 4 orang anggota Pos Ngariboyo, Bhabinkamtibmas Desa Aiptu Sutrisno, Team Kesehatan Puskesmas Ngariboyo, warga desa Pendem dan sekitarnya

Sedangkan dalam kegiatan vaksinasi Door To Door kepada lansia Desa Selopanggung dihadiri oleh Ketua Tim dr Uptd Puskesmas Ngariboyo Ibu Ita bersama 3 orang relawan, Camat Ngariboyo Bp.Kuswinardi S sos beserta  staf kecamatan, Kapolsek Ngariboyo AKP Sini SH beserta anggota, Serda Edy Wiratno Babinsa desa Selopanggung bersama 1 orang anggota koramil 01 Magetan Kopda Muladi, Bhabinkamtibmas desa Selopanggung Bripka Ardya, warga desa yang tervaksin 60 orang.

Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi di desa-desa yang dilaksanakan puskesmas berjalan baik, Babinsa dan Bhabinkamtibmas  melakukan pemantauan dan monitoring. Kamis 28 Oktober 2021 pelaksanaan vaksin di Desa Banyudono, Kecamatan Ngariboyo menjadi sasaran monitoring dan pengawasan.

Pelaksanaan vaksin dilakukan tenaga kesehatan dari Puskesmas Ngariboyo dengan sasaran warga yang berusia di atas 18 tahun. Sebelum dilaksanakan vaksinasi warga harus melalui beberapa tahapan diantaranya cek kesehatan tekanan darah harus normal, tidak memiliki riwayat penyakit dan setelah dilakukan screening dan setelah dinyatakan sehat maka vaksinasi baru bisa dilaksanakan.

Dari hasil pantauan tersebut bahwa antusias warga masyarakat  sangatlah tinggi, terbukti dari undangan yang telah disebar, hampir semua warga yang usianya 18 tahun keatas. Ada 490 orang hadir untuk melakukan vaksinasi dosis 2 dan tervaksin 410 orang.

Selain itu Babinsa Posramil Ngariboyo dan Bhabinkamtibmas terus mengawal proses vaksinasi door to door di wilayah kerjanya, termasuk saat penyelenggaraan penyuntikan di Puskesmas Ngariboyo.

Kedua unsur keamanan itu bekerja sama, mulai dari mengecek kesiapan lokasi di puskesmas, peralatan dan botol vaksin di dalam ambulans, dan penertiban warga untuk tidak berkerumun saat vaksinasi.

Danposramil Ngariboyo Peltu Hadi mengatakan, sejak vaksinasi digulirkan, pihak Koramil dan Polsek, terutama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sudah mengawal proses vaksinasi hingga 25 persen di daerah Ngariboyo.

Serka Puryanto selaku Babinsa Desa Pendem juga memberikan imbauan agar warga yang sudah divaksin bukan berarti bisa mengabaikan protokol kesehatan.

“Jadi warga tetap mematuhi 5M dalam kehidupan sehari hari yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsaniteser, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya. (R.01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed