oleh

Dandim 0804/Magetan Sambut Kunjungan KASAD Pimpin Penanaman Pohon di Cemorosewu

Kabarberitanews.com. Magetan – Komandan Kodim (Dandim) 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., menyambut kunjungan kerja  Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam rangka memimpin penghijauan Gunung Lawu yang sempat terdampak kebakaran hutan.

Kegiatan yang bertajuk Gulaku Gulamu Gunung Lawuku Gunung Lawumu ini telah menanam sebanyak 23.600 pohon yang dilakukan oleh gabungan aparat TNI-Polri dan BPBD, Perhutani, masyarakat yang terdiri dari relawan dan komunitas pecinta alam.

Dalam sambutannya, KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., berterima kasih kepada 2.010 orang relawan gabungan dan masyarakat yang sudah melakukan pembersihan dan penanaman pohon di Gunung Lawu. KASAD meyakini kegiatan penghijauan Gunung Lawu ini sebagai yang terbesar di Indonesia yang dilakukan secara swadaya.

“Saya yakini ini adalah kegiatan terbesar yang dilakukan secara swadaya di Indonesia,” ujar KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., saat memberikan sambutan di Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur. Rabu (20/12/2023)

KASAD berharap kegiatan penghijauan bisa dilakukan terus ke depannya dengan skala yang lebih besar. Tak hanya oleh TNI, tapi juga oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Penghijauan sendiri sudah dimulai sejak 14 Desember 2023. Sebanyak 2.010 orang telah menanam 23.600 bibit pohon dan membersihkan 50 ton sampah yang digabungkan dalam total 56 karung sampah yang didominasi sampah plastik.

“Terima kasih khususnya untuk tim yang sudah melaksanakan. 2.010 orang bisa menanam 200 hektar dan 23.600 pohon bibit pohon dan juga 50 ton sampah dipindahkan dalam 56 karung,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., sebagai tuan rumah sangat mendukung langkah serius TNI AD untuk terus berupaya menjaga kelestarian alam di Gunung Lawu. Bahkan Bapak KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., juga telah memerintahkan jajaran TNI AD untuk melaksanakan karya bakti pembersihan sungai dan penanaman pohon di seluruh Indonesia, ini langkah positif yang harus kita dukung bersama, “kata Dandim 0804/Magetan”.

Lanjut Dandim, Karya bakti pembersihan dan penghijauan yang melibatkan 2.010 personil melakukan pembersihan dan penanaman pohon di kawasan Gunung Lawu. Secara keseluruhan ada 23.600 bibit tanaman yang ditanam di Gunung Lawu sebagai upaya penghijauan kembali selepas karhutla.

“Sedangkan jenis tanaman yang ditanam mulai pohon damar, cemara eucalyptus, pinus, beringin, trembesi, sengon, mahoni,  alpukat dan lainnya,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pangkostrad, Pangdivif 2 Kostrad, Asops KASAD, Aster KASAD, Kasdam V/Brawijaya, Kapolda Jawa Tengah, pejabat Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, jajaran Korem 081/Dsj, Korem 074/WRT, Jajaran Kodim 0804/Magetan, Kodim 0805/Ngawi dan Kodim 0727/Karanganyar, Pj Bupati Magetan serta Perhutani. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed