oleh

Kodim 1002/HST Gelar Pekan Pelayanan KB Serentak Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia

BARABAI-Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah menggelar pekan Pelayanan KB serentak dalam rangka hari Kontrasepsi Sedunia yang dibuka oleh Bupati HST H. Aulia Oktafiandi.ST.M.AppCom di Pusekesmas Birayang. Senin (02/10/2023).

Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa,S.Hub.Int.,M.Han melalui Pasiterdim 1002/HST Kapten Inf Moh Alip Suroso mengatakan Setiap tanggal 26 September, ada yang dinamakan Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day. Sejatinya hal ini perlu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada,”ucapnya

”Perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah. Dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier. Kemampuan untuk merencanakan kehamilan termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan. Di sisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan,”imbuhnya

Selain itu juga agar memungkinkan pasangan usia subur dalam membuat pilihan metode kontrasepsi berdasarkan informasi tentang kesehatan seksual dan kesehatan reproduksi mereka.

Terdapat tiga jenis pilihan metode kontrasepsi bagi pasangan usia subur yang sudah menikah. Pertama adalah kontrasepsi hormonal yang terdiri dari IUD hormonal, implan, pil KB, kontrasepsi darurat, dan suntikan KB.
Dalam kegiatan pelayanan KB serentak hari ini terdapat 60 akseptor dengan rincian pasang Implan, 21 Orang, IUD 9 Orang dan Pil KB 30 orang.(pendim1002).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed