oleh

Dandim 1002/HST Ajak Seluruh Stakeholder Jaga Ketertiban Dan Stabilitas Keamanan Dalam Pemilu 2024

BARABAI-Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han bersama jajaran Forkopimda Hulu Sungai Tengah dan perwakilan dari masing-masing partai politik yang akan ikut serta dalam pemilihan umum melaksanakan penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024. Selasa (17/10).

Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 yang digelar di Stadion MURAKATA Barabai, bertujuan untuk memastikan konduktivitas pemilu yang aman, damai dan berintegritas.

Dalam acara ini, Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han menegaskan bahwa keberhasilan deklarasi damai pemilu di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, tidak terlepas dari peran aparat pemerintah, termasuk TNI.

Dandim menjelaskan bahwa peran TNI dalam pemilu dapat dilihat berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dalam Pasal 7 ayat (2) huruf b angka 10 Undang-Undang tersebut, disebutkan bahwa salah satu tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu Kepolisian Negara RI dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang yang berlaku. Selain itu, TNI juga dituntut untuk bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu 2024.”tuturnya

Lebih lanjut Dandim menegaskan bahwa TNI akan memastikan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Hulu Sungai Tengah tetap terjaga dengan baik selama masa kampanye dan pelaksanaan pemilu. TNI juga akan tetap menjaga netralitasnya sebagai lembaga yang berada di luar ranah politik,”imbuhnya.

Dandim 1002/HST, menghimbau kepada perwakilan dari masing-masing Partai dalam acara deklarasi ini, agar tetap menjunjung tinggi semangat damai dalam pemilu.
Kami berkomitmen untuk mendorong kampanye yang santun, mengedepankan substansi kebijakan dan menjauhi segala bentuk politik kebencian serta provokasi yang dapat mengganggu stabilitas sosial masyarakat.

“Dengan adanya deklarasi damai pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses demokrasi dengan rasa aman dan nyaman.

Semua pihak diingatkan untuk menghormati nilai-nilai kebangsaan, menjunjung tinggi perbedaan pendapat, dan mengacu pada prinsip-prinsip demokrasi dalam menjalankan setiap tahap pemilu Tahun 2024, agar berjalan dengan aman dan sukses.”pungkasnya (pendim1002).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed