oleh

Dandim 0804/Magetan Hadiri Puncak Peringatan HUT TNI ke – 78 di Alun-alun Madiun

Magetan.kabarberitanews.com – Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78 tahun 2023 di Kabupaten Magetan dilaksanakan secara terpusat se-Karesidenan Madiun, yang ditandai dengan upacara di alun-alun Kota Madiun. Kamis (5/10/2023).

 

Meski dibawah panas terik, upacara tetap berlangsung lancar penuh khidmat. Seluruh personel TNI mengikuti upacara dengan seragam kebesarannya masing-masing.

 

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Danrem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf H. Sugiyono, SE. M.Si., selain satuan jajaran Korem 081/Dhirotsaha Jaya, upacara ini juga dihadiri jajaran TNI AU Lanud Iswahjudi, Walikota Madiun, Bupati se-Karesidenan Madiun, tamu undangan dan masyarakat.

 

Dalam sambutannya Panglima TNI yang dibacakan Danrem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf H. Sugiyono, SE. M.Si., menyampaikan hari ini, 5 Oktober 2023 merupakan hari bersejarah dan membanggakan bagi seluruh keluarga besar TNI. Sehubungan dengan itu, kepada segenap prajurit TNI dimanapun bertugas dan berada, atas nama pimpinan TNI dan atas nama pribadi mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia.

 

Memaknai Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada hakikatnya merupakan waktu yang tepat untuk kita merefleksikan dan mengevaluasi kembali peran, fungsi, dan tugas utama TNI. Hal ini dimaksudkan agar TNI mampu memotivasi diri dan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas dan efektivitas dalam menjalankan tugasnya sebagai komponen utama dalam pertahanan negara.

 

Hal tersebut telah menjadi tekad dan komitmen prajurit TNI untuk memberikan loyalitas, kesetiaan, dan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara, kapanpun, serta dalam keadaan bagaimanapun.

 

Tema pokok pada peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 ini adalah “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Tema ini mencerminkan integritas TNI sebagai bagian integral dari masyarakat Indonesia yang bekerja untuk kepentingan bersama dan kemajuan bangsa. Netral adalah sikap mutlak bagi prajurit TNI.

 

Dengan tidak melupakan loyalitas dan tegak lurus kepada konstitusi. Saya percaya, saudara sekalian adalah tentara-tentara yang hebat dan prajurit-prajurit yang semangat serta ikhlas membela negara dan bangsa.

 

Jenderal Soedirman pernah berkata, “kepandaian yang bagaimanapun tingginya, tidak ada gunanya jika orang itu memiliki sifat menyerah. Tentara akan hidup sampai akhir zaman, tentara akan timbul dan tenggelam bersama negara”.

 

Prajurit TNI adalah manusia luar biasa karena bertugas menjaga kedaulatan, keutuhan dan melindungi segenap bangsa Indonesia. Pertahankan sikap disiplin prajurit dan berikan segala yang kalian miliki untuk bangsa, negara dan rakyat yang kita cintai, “tegasnya”.

 

Sementara itu Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., mengaku bersyukur TNI yang usianya semakin matang mampu terus memberikan sumbangsih terbaik untuk rakyat Indonesia, termasuk di Kabupaten Magetan yang menjadi wilayah kerjanya.

 

“Bersinergi, saling melengkapi untuk mengisi pembangunan di Kabupaten Magetan. Untuk mewujudkan hal tersebut, TNI tidak bisa berjalan sendiri. Melainkan perlu dukungan seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada,” tegasnya.

 

Selain upacara, para tamu undangan dan masyarakat juga antusias menyaksikan defile pasukan dan kendaraan TNI, atraksi bela diri prajurit Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad, atraksi Drum Band SMA Taruna Angkasa, dan Reog Ponorogo. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed