oleh

Majelis Taklim dan Masail Kodim 0804/Magetan Gelar Pengajian Rutin Hari Kamis

Magetan, Majelis Taklim dan Masail Kodim 0804/Magetan menggelar kegiatan pengajian rutin tiap hari kamis di masjid At Taqwa Jln Panglima Sudirman No 42 Magetan, Kamis (24/08/2023).

 

Kegiatan pengajian yang dilaksanakan setiap hari kamis ini merupakan agenda rutin dari Ponpes Al Fatah Temboro Magetan.

 

Hadir dalam kegiatan pengajian tersebut Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya S.I.P, Kepala staf kodim 0804 Magetan Mayor Kav Nanang Choirudin, Perwira Staf Kodim 0804 Magetan dan Personil TNI dan Asn Kodim 0804 Magetan.

 

Mengawali sambutannya, Dandim 0804 Letkol Inf Dani Indrajaya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepada seluruh Anggota TNI dan ASN Kodim 0804 yang telah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan pengajian rutin ini.

 

Selanjutnya Majelis Taklim tausyah di isi oleh Kompol Musrofa Sugiato SH Kabglog Polres Magetan dengan mengambil tema Siaga mengahadapi kematian, dengan menjaga sholat tepat waktu

 

Sebagaimana Allah berfirman Surah Adz Dzariyat ayat 56 : “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.

 

Penggalan ayat di atas menunjukkan jika manusia sesungguhnya diciptakan di dunia agar terus beribadah kepada Allah. Maka dari itu, sebaiknya kita sebagai umat manusia berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat amal baik bagi sesama makhluk ciptaan-Nya. Allah pun menjanjikan tempat yang terbaik di sisi-Nya saat hari akhir nanti bagi hamba-Nya yang senantiasa berbuat baik bagi sesama dan rajin beribadah setiap hari. Namun, dalam memenuhi kewajiban beribadah seperti sholat wajib sehari-hari haruslah dilakukan dengan ikhlas dan sesegera mungkin agar mendapatkan keutamaan. Melaksanakan sholat tepat waktu memiliki banyak keutamaan yang jarang diketahui oleh manusia. Padahal, keutamaan yang diberikan oleh Allah bagi hamba-Nya yang bersegera melaksanakan sholat saat adzan dikumandangkan bukanlah hal yang main-main.

 

Berikut adalah keutamaan yang akan didapatkan bagi hamba-Nya yang segera melaksanakan sholat.

  1. Allah lebih mencintai perbuatan sholat tepat waktu melebihi berbakti pada orang tua dan pergi berjihad, melakukan ibadah sholat tepat pada waktu disebutkan terlebih dahulu jika dibandingkan dengan melakukan bakti pada orang tua dan jihad di jalan Allah. Hal ini membuktikan, bahwasanya Allah memang mencintai perbuatan sholat tepat waktu sebagai wujud cinta dari hamba-Nya kepada Tuhan yang telah menciptakan mereka. Karena ketika manusia sangat mencintai Tuhan-Nya, mereka akan terus mengingat dan mengutamakan panggilan dari Allah untuk beribadah dan serta merta mengesampingkan urusan-urusan lain di dunia.

 

  1. Mendapatkan tempat di surga, “Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu sholat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.

 

  1. Diampuni dosa-dosanya seperti daun yang berguguran, “Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan sholat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya” (HR. Ahmad).

 

  1. Pahala kebaikan yang amat besar, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan sholat (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan sholat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala sholat Isyak dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)

 

  1. Mendapat sembilan macam kemuliaan, Utsman bin ‘Affan RA berkata: “Barang siapa selalu mengerjakan sholat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati. (red/tsr/0804)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed