oleh

Babinsa Melaksanakan Pengamanan Kegiatan” Kirap Buceng Tolak” WUJUD KEKOMPAKAN WARGA

Magetan, Minggu 30/07/2023 telah diselenggarakan salah satu rangkaian Bersih lingkungan RW 04 kelurahan Mangkujayan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. yaitu Kirab Buceng Tolak yang berisi hasil bumi dari lingkungan RW 04 kelurahan Mangkujayan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Adapun kegiatan Kirab Buceng Tolak merupakan kegiatan pawai buceng dari masing-masing RW berkeliling kelurahan dengan menunjukkan kebolehan warganya baik kostum, produk dan kesenian.

Kegiatan” Kirap Buceng Tolak” bersih dusun Kunden lingkungan kelurahan Mangkujayan tersebut dihadiri oleh Camat Magetan Bpk Yudo Wahyono,S.Sos,M.Si,Kanit Binmas Polsekta Magetan Iptu Taufik,Kepala Kelurahan Mangkujayan Bpk Susanto,S.Sos,Bhabinkamtibmas Kel Mangkujayan Aipda Yahat,Babinsa Kel Mangkujayan Serda Heru Budi A,Perangkat Kelurahan Mangkujayan ,Tokoh adat, tokoh Agama dan tokoh masyarakat dan Karang taruna Kel Mangkujayan.

Menurut Susanto,S.Sos, Lurah Mangkujayan, Kirab Buceng Tolak ini diikuti hampir seluruh masyarakat Mangkujayan dengan membawa arak-arakan Buceng Tolak. “Jumlah personil RW ini juga lebih banyak dari tahun sebelumnya”, ujar Susanto,S.Sos, Rombongan peserta Kirab diberangkatkan oleh Susanto,S.Sos Lurak Mangkujayan dari depan Kantor Kelurahan Mangkijayan dengan urutan foreder-Bendera merah putih dan panji Kelurahan Mangkujayan, Ketua LPMK, Lurah beserta perangkat dan Panitia Bersih Kelurahan Mangkujayan dilanjutkan dengan barisan buceng lanang dari masing-masing RW. ”Kami merasa bangga warga kelurahan mangkujayan ini masih mau nguri-uri atau memelihara budaya” terang lurah mangkujayan saat akan memberangkatkan peserta pawai. Kegiatan Kirab Buceng Tolak merupakan wujud kekompakan dan kerukunan masyarakat di Kelurahan Mangkijayan dengan latar belakang warganya yang heterogen. Diharapkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan di kelurahan mangkujayan.

Dalam kesempatan ini Babinsa kelurahan Mangkujayan mengatakan kegiatan masyarakat dalam rangka selamatan bersih Dusun ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya adat setempat, selain itu juga untuk memupuk tali sillaturahmi kerukunan antar warga umat beragama, juga sebagai rasa syukur kepada Allah Yang Maha kuasa atas limpahan rahmat rezeki, keselamatan, kesehatan dan lingkungan yang aman.

“Dalam rangkaian kegiatan bersih Dusun tersebut warga Dusun mengadakan tasyakuran dan doa bersama guna mengharap diberikannya kesehatan, keselamatan, keamanan dan ketertiban,” ujar Sertu Heru.

“Antusias warga terhadap kegiatan ini sungguh luar biasa, walaupun kehadiran masyarakat cukup banyak namun semuanya berjalan aman lancar terkendali,” imbuhnya.

Sementara dihubungi secara terpisah Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Armed Khoirudin mengatakan peran Babinsa untuk selalu melekat kepada warga binaan dan menciptakan keamanan yang kondusif di wilayah desa binaannya.

“Setiap kegiatan masyarakat yang dilaksanakan diwilayah Teritorial Koramil Tipe B 0804/01 Magetan akan kami amankan hal ini merupakan wujud peduli TNI kepada masyarakat dan sebagai bentuk kehadiran TNI yang langsung berada ditengah-tengah masyarakat untuk menciptakan keamanan,” pungkas Kapten Armed Khoirudin. (red/R/01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed