oleh

Babinsa Desa Tawangrejo Hadiri Pembinaan Kader Posyandu, Begini Sambutannya

kabarberitanews.com | Magetan, Takeran –  Sebagai wujud sinergitas di wilayah binaan, Babinsa Desa Tawangrejo Serda Wahyudi dari Koramil 0804/11 Takeran, Kodim 0804/Magetan menghadiri acara pembinaan kader Posyandu yang berlangsung di Balai Desa Tawangrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Sabtu (17/12/2022).

Kegiatan yang rutin di laksanakans setiap sebulan sekali ini, di hadiri oleh Tim Kesehatan dari UPTD Puskesmas Takeran Dokter Bimo Saparto beserta staf , Babinsa Desa Tawangrejo Serda Wahyudi, Bhabinkamtibmas Desa Tawangrejo, Kepala Desa Tawangrejo dan Ibu – Ibu dari Kader Posyandu Desa Tawangrejo.

 

Keberadaan posyandu sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di masyarakat, dengan beberapa kegiatannya yang melibatkan langsung partisipasi masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh para kader posyandu yang telah cakap dalam memberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

 

Maka dari itu untuk menambah wawasan dan kemampuan para kader posyandu, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Puskesmas Kecamatan Takeran,  Kabupaten Magetan menyelenggarakan Pelatihan Kader Posyandu Tingkat Desa Tawangrejo Tahun 2022, yang bertempat di Balai desa Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Sabtu 17 Desember 2022.

 

Pada acara tersebut, Kepala Desa Tawangrejo secara resmi membuka acara tersebut dan dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dengan pelatihan ini para kader harus bisa meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi tantangan zaman dan memiliki kemampuan adaptif yang harus menjadi motor penggerak dalam pemberdayaan kesehatan di masyarakat, seperti penanggulangan stunting, pembinaan gizi dan kesehatan ibu dan anak, serta pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan melalui PSN, dan ajak masyarakat berprilaku PHBS, serta bisa menghimbau  masyarakat tentang tata cara pencegahan virus Corona yang akhir-akhir ini menggemparkan, dengan selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir serta apabila sakit harus menggunakan masker dan lain sebagainya. Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Tawangrejo, Kepala Puskesmas Takeran, dan Babinsa Desa Tawangrejo, serta para kader posyandu se-Desa Tawangrejo.

 

 

 

Sementara Babinsa Desa Tawangrejo Serda Wahyudi menambahkan, bahwa upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat.

 

“Kami mengharapkan kepada semua pihak, agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan memperhatikan Posyandu, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu-nya masing-masing”, ujar Serda Wahyudi Babinsa Desa Tawangrejo Koramil 0804/11 Takeran.

 

Lebih lanjut Babinsa Desa Tawangrejo menjelaskan, “bahwa sebagai kader posyandu harus bangga, karena ini merupakan bentuk sosial yang saling kompleks. Perilaku hidup sehat harus diterapkan sejak dini seperti pola asuh dan peningkatan ekonomi keluarga mempengaruhi perkembangan anak. “Saya berharap para kader dapat membagi ilmu dan menularkan semangat sehat bagi lingkungannya”, pungkasnya. (red/tsrmdc0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed