oleh

Danramil 07/Karangrejo Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Terhadap Anggota Linmas

.kabarberitanews.com Magetan | Komandan Koramil 07/Karangrejo Kapten Inf Kiswanto SE, Kodim 0804/Magetan menjadi narasumber dalam Pembekalan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Gondang di Aula atas kantor Di kantor Desa Gondang, Jumat (02/08/2022).

 

Kapten Inf Kiswanto SE, mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan terselenggaranya kegiatan Wawasan Kebangsaan tersebut adalah sebagai pendorong serta meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap pemaknaan nilai-nilai Pancasila.

 

“Diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari guna menumbuhkan rasa Cinta Ta­nah Air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indo­nesia,” terangnya.

 

Kegiatan Wasbang dan pelatihan sendiri di bagi 2 tahapan yaitu pengetahuan wawasan kebangsaan dan pelatihan PBB serta kepemimpinan, Dalam kegiatan  tersebut pemerintah Ds.  Maron mengundang Bpk Camat karangrejo Danramil tipe B 0804/07 Karangrejo Bpk kapten Inf Kiswanto SE. dan kapolsek Karangrejo AKP  Agus Budi Witarno  SH. Sebagai Narasumber pemberi Materi wasbang sedangkan  untuk  kegiatan PBB dan kepemimpinan di ajarkan oleh Babinsa Ds. Gondang pelda Harianto dan Babinkamtipmas Ds. Gondang.

 

Dalam Penyampaian  materi Wasbangnya Kapten Inf Kiswanto SE Danramil tipe B 0804/07/ Karangrejo menyampaikan  bahwa linmas dan perangkat harus mempunyai wawasan yang luas dan mengetahui perkembangan di wilayahnya sebab mereka merupakan garda di depan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk itu harus sering berkomunikasi dengan baik dengan lapisan masyarakat dan lingkungannya sehingga bisa mencegah terjadinya ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat secara dini, sebagai contoh  mencegah  pencurian, mengawasi dan mengamankan kegiatan Masyarakat, hajatan masyarakat, serta mampu mengawasi tamu yang keluar masuk desa.  Hal itu semua dalam rangka membantu kepala desa menjalannya pemerintahaan Desa Supaya berjalan tertib, aman guyup dan rukun bagi masyarakat pungkasnya.

 

Disamping itu, lanjutnya, Linmas juga harus sebagai motor penggerak di kampung dan sigap dalam semua kegiatan, dan melaksanakan patroli kampung, sehingga keamanan kampung juga terjaga.

 

“Walaupun di setiap malamnya sudah ada ronda malam yang dilaksanakan secara bergiliran oleh warga namun demikian semua harus bersinergi sehingga keamanan bisa terwujud,” pungkasnya.   (red/R07).

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed