oleh

Dekatkan Diri Dengan Warga Binaan, Babinsa Magetan Hadiri Peresmian Masjid Dan Peringatan Nuzulul Qur’an Ramadhan 1443 Hijriah

Magetan.  Babinsa desa Balegondo Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Sertu Mujiono menghadiri dan memantau pelaksanaan kegiatan Peresmian Masjid & Penandatangan Prasasti oleh Bupati Magetan dan Peringatan Nuzulul Qur’an Ramadhan 1443 Hijjriah  bertempat Di Masjid Tahfidz (Anak Yatim ) Panti Asuhan Muhammadiyah “Tahfidzul Qur’an” yang dihadiri kurang lebih 150 orang di  Desa Balegondo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Selasa (19/04/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan  Dr.Drs. Suprawoto.SH.MSI, Kepala Kemenag Kab.Magetan Muttakin M.Ag, Kabag Kesra Kab.Magetan Drs.Permadi, Forkopimca Kec.Ngariboyo, Kepdes Balegondo Drs.Suroso, Babinsa Ds.Balegondo Sertu Mujiono, Bhabinkamtibmas Ds.Balegondo Bripka Yuli.H, Toga, Tomas, warga masyarakat sekitaran Panti, santri dan Santiwati Panti Asuhan Tahfidzul Qur’an.

Kegiatan ini yang diawali buka puasa bersama oleh pejabat Pemkab Magetan, kemudian dilanjutkan sholat magrib, isya serta tarawih berjamaah.

Usai melaksanakan sholat tarawih berjamaah, Bupati Magetan meresmikan masjid dan dilanjutkan pengajian Peringatan Nuzulul Qur’an Ramadhan 1443 Hijjriah  bertempat Di Masjid Tahfidz (Anak Yatim) Panti Asuhan Muhammadiyah “Tahfidzul Qur’an”.

Dijelaskan bahwa Nuzulul Qur’an adalah turunnya Kitab Suci Al Qur’an pertama kali pada 17 Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama surat Al-Alaq ayat 1-5. Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.

Nabi Muhammad saat itu sendiri dan langsung ketakutan, serta menggigil. Kemudian Nabi pulang dan menceritakan pengalaman yang dialaminya kepada istrinya. Sejak peristiwa itu, Nabi mendapat gelar Rasul yakni Nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebarkan kepada umat manusia.

Al Qur’an tidak diturunkan kepada Nabi Muhammad sekaligus satu kitab. Namun secara bertahap menurut tuntutan peristiwa yang melatarinya, dengan lama waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Al Qur’an selesai diturunkan menjelang kewafatan Nabi pada 9 Dzulhijjah tahun 10 H yang bertepatan dengan tanggal 27 Oktober 632 M, dengan turunnya ayat yang terakhir yaitu surah Al-Maidah ayat 3.

Dalam kesempatan yang ada Babinsa desa Balegondo memberikan himbauan kepada warga yang hadir agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 karena Pandemi belum berakhir. “pungkas Sertu Mujiono” (R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed