oleh

Kodim 0804/Magetan Terima Kunjungan Kerja Tim Wasev Dikjurba Otonomi Khusus TNI AD

Magetan. Komadan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo, S.I.P didampingi Kepala Staf Kodim dan Perwira Seksi Teritorial menerima kunjungan kerja Staf Ahli Pangdam V/Brawijaya Bidang Hukum  dan Humaniter Kolonel Inf Imam Supardi, S.I.P, sebagai tim wasev kegiatan peningkatan kemampuan teritorial Prajurit Abituren Dikjurba Otonomi Khusus TNI AD Tahun Anggaran 2021 yang sedang menimba ilmu teritorial di Kodim 0804/Magetan, Senin (09/08/2021).

Kolonel Inf Imam Supardi yakin jika Prajurit Abituren Dikjurba Otonomi Khusus diajari dengan benar tentang ilmu Babinsa dalam merangkul masyarakat, maka mereka diharapkan bisa mengubah pola pikir masyarakat satu desa di Papua dan bahkan lebih. Tentunya landasan awal adalah menanamkan jiwa NKRI.

Jika bisa mengubah cara berpikir maka dapat mengubah watak, sehingga inilah kesempatan bagi para Prajurit Abituren Dikjurba Otsus itu untuk bisa cepat berinteraksi, menimba ilmu dan pengalaman  di wilayah Kodim 0804/Magetan, sehingga saat kembali ke Papua nanti mereka juga bisa cepat berinteraksi dengan anak muda dan masyarakat Papua melalui penggalangan strategis dan dengan cara yang humanis, “ungkapnya”

Selanjutnya, Kolonel Inf Imam Supardi memotivasi para Babinsa pendamping karena tugas mereka cukup berat, namun ia yakin para Babinsa pendamping di jajaran Kodim 0804/Magetan itu adalah para Babinsa terbaik berdasarkan rekomendasi dari masing-masing Danramil.

Menurut Kolonel Inf Imam Supardi, anak-anak Papua bukannya tidak bisa bekerja dengan bekal hard skill yang didapatkan saat pendidikan di Rindam XVIII/Kasuari Papua Barat yang baru saja tumbuh itu, namun perlu tambahan soft skill secara langsung di satuan teritorial di wilayah tanpa konflik. Dengan sentuhan ilmu kebangsaan dan keterampilan Babinsa itu maka diharapkan kinerjanya nanti bisa mencapai 80 persen.

“Kolonel Inf Imam Supardi juga berpesan agar para Babinsa pendamping harus sabar dalam mengajari mereka, karena keberhasilan upaya ini ada ditangan Babinsa pendamping,” sambungnya.

Sementara itu Dandim 0804/Magetan  Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo menjelaskan, rencananya 12 Prajurit  Abit Dikjurba Otsus TNI AD putra-putra terbaik Papua tersebut akan melaksanakan On The Job Training (OJT) selama 2,5 bulan di Koramil jajaran Kodim 0804/Magetan di bawah bimbingan Babinsa yang ditunjuk sebagai pendamping.

Menurut penuturan Dandim, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas teritorial, serta memahami tugas-tugas di lapangan yang akan diterapkan kembali ke daerah masing-masing di Papua. (Pendim0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed