oleh

Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Tenaga Kesehatan Berantas Sarang Nyamuk

Magetan.kabarberitanews.com – Guna mengantisipasi berkembang-biaknya nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Desa Soco Serda Marsudi bersama Bhabinkamtibmas Bripka Basuki dan kader kesehatan secara door to door melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara berkala ke rumah warga Desa Socco Kec. Bendo Kab. Magetan. Minggu (3/03/2024 )

 

Selain melakukan pemantauan, Serda Marsudi turut mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk DBD.

 

“Kami minta agar masyarakat peduli dengan kebersihan di lingkungan masing-masing,” jelasnya

 

Lebih lanjut Serda Marsudi menekankan untuk mencegah nyamuk DBD warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD apabila ada genangan air.

 

“Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian serbuk abate di bak air maupun tempat penampungan air,” bebernya.

 

Ditempat terpisah Danramil Tipe B 0804/13 Bendo Kapten Inf Arif Wibowo mengatakan, “Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini dilakukan untuk menekan angka kasus demam berdarah dengan langkah memberantas sarang nyamuk,” Imbuhnya

 

Menurutnya, tujuan pemberantasan sarang nyamuk ini untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada juru pemantau jentik (jumantik). Kendati demikian, kami meminta kepada warga agar tidak mengandalkan para kader jumantik, akan tetapi setiap warga bisa menjadi jumantik mandiri untuk rumahnya masing-masing sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Pungkas Serda Marsudi (R.13)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed