oleh

Hadapi Pemilu 2024, Kodim 0804/Magetan Gelar Pembinaan Netralitas TNI

Magetan.kabarberitanews.com – Upaya menjaga nama baik perorangan maupun Satuan dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak citra TNI terkait dengan pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada 2024, Kodim 0804/Magetan, menggelar kegiatan pembinaan Netralitas TNI bagi Prajurit dan PNS Kodim 0804/Magetan serta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Kodim 0804, bertempat di Aula Makodim 0804/Magetan. Rabu (7/2/2024)

 

Kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pemilukada 2024 ini mengusung tema ” Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu dan Pemilukada, Kita Wujudkan Profesionalisme TNI Dengan Bersikap Netral Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada Serta Senantiasa Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada yang Luber dan Jurdil di Seluruh Wilayah NKRI”.

 

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Netralitas TNI tercantum didalam undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 di dalamnya adalah TNI tidak berpolitik praktis, oleh karena itu hal ini perlu disosialisasikan kepada seluruh keluarga besar TNI bukan hanya kepada anggota TNI nya saja tapi kepada keluarganya.

 

“TNI mulai dari unsur tingkat pimpinan teratas sampai dengan para unsur pimpinan terendah tingkat Koramil dan anggota beserta keluarganya wajib menjaga citra positif TNI di mata masyarakat dalam menjaga nama baik perorangan maupun Satuan dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak citra TNI terkait dengan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada” tegas Dandim.

 

Lebih lanjut Dandim mengingatkan kepada semua anggota agar betul-betul menyimak dengan baik kegiatan pembinaan yang dilakukan hari ini. Selain itu para Babinsa khususnya sudah dibekali buku saku Netralitas TNI, maka dengan itu buku saku yang telah dimiliki dibuka dipelajari dipahami isinya karena hal tersebut menjadi pedoman bagi anggota dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

 

“Jaga perilaku sikap tutur kata kita, oleh karena itu diharapkan tetap menjaga netralitas TNI dalam Pemilihan Umum dan Pilkada tahun 2024, karena Netralitas TNI merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada,” jelas Dandim.

 

Selanjutnya kegiatan diisi dengan pemberian materi Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 yang mengacu kepada buku pedoman terkait Pembinaan Netralitas TNI, antara lain Pedoman Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada, Implementasi Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada dan Penyelesaian tindak pidana/pelanggaran Pemilu dan Pilkada. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed