oleh

Babinsa Koramil 0804/11 Takeran Bantu Kerja Bakti Bersama Warga Binaan Guna Melestarikan Situs Bersejarah

Magetan.kabarberitanews.com – Babinsa Koramil tipe B 0804/11 Takeran Serda Santoso ikuti kegiatan Kerja Bakti bersama warga masyarakat Desa Simbatan kec. Nguntoronadi di area Petirtaan Dewi Sri yang di dalamnya terdapat candi dan arca Dewi Sri. Senin (05-02-2024)

 

Tepatnya di Desa Simbatan Rt. 01/01 kec. Takeran Kab. Magetan memiliki tempat bersejarah mengenai petirtaan Candi dan arca. Mendengar mengenai Candi yang satu ini merupakan hal wajar, tetapi jika anda masyarakat asli kota Magetan pasti sudah mengetahui keberadaan Candi Simbatan ini. Kurang lebih 17Km ke arah timur dari Kota Magetan.

 

Pada Arca Dewi Sri tepat pada dada kiri dan kanan keluar air sumber yang bersih, yang konon air tersebut dipercaya bisa untuk pengobatan segala macam penyakit.

Di dalam bangunan utama Candi Simbatan atau petirtaan terdapat arca tokoh perempuan yang oleh warga sekitar di percayai sebagai sosok Dewi Sri.

Dewi Sri dalam mitologi masyarakat Hindu-Jawa, dianggap sebagai tokoh perempuan yang memberikan sumber penghidupan.

 

Kapten Inf. Joko Priyadi Danramil Takeran dilokasi terpisah mengatakan, Pelaksanaan kerja bakti Babinsa bersama warga ini merupakan salah satu wujud kebersamaan Apkowil (Babinsa) bersama warga binaan teritorialnya.

 

“Sebagai Aparat teritorial yang bertugas untuk melaksanakan pembinaan wilayah, mempunyai komitmen untuk selalu mendukung dan membantu percepatan pembangunan tingkat RT/RW maupun Kelurahan, serta selalu menjalin komunikasi yang baik guna tercipta sinergitas yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di wilayah binaan teritorialnya”, tandasnya.

 

Peran Babinsa selalu hadir ditengah-tengah warga di setiap ada kegiatan apapun yang sifatnya positif seperti gotong-royong bersama warga saat ini Selain untuk memotivasi semangat juga sebagai wahana Babinsa dalam berinteraksi dan berkomunikasi sosial bersama warga binaannya. ”pungkas Kapten Inf Joko Priyadi.

Disampaikan juga oleh penjaga situs Dewi sri Bapak Sumiran “Dari tahun ke tahun petirtaan maupun Candi ini sudah mengalami perbaikan, namun tidak menghilangkan keasliannya. Bagi anda yang ingin melihat Obyak Wisata Candi Simbatan, yang sudah masuk Destinasi magetan silahkan datang ke Desa simbatan Kec. nguntoronadi Kab. Magetan”. Pungkasnya. (R 11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed