oleh

Hadapi Bencana Hidrometeorologi, Dandim 0804/Magetan Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana

Magetan. – Sebagai wujud persiapan dan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam Hidrometeorologi, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., menghadiri Apel gelar kesiapan Pasukan dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi yang digelar di Polres Magetan. Selasa (5/12/2023)

 

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Magetan Ir. Hergunadi, M.T., bertempat di Halaman Mapolres Magetan dan diikuti oleh ratusan anggota TNI-Polri dari Kodim 0804/Magetan, Lanud Iswahjudi, Polres Magetan, BPBD Magetan, Satpol PP, Dishub, Dinkes, PMI, Pemadam Kebakaran, Senkom, Tagana dan Relawan.

 

Apel gelar kesiapan Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan antisipasi apabila terjadi bencana hidrometeorologi.

 

Dalam releasenya Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., kegiatan Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk respon pemerintah Kabupaten Magetan dalam mengantisipasi kejadian bencana Hidrometeorologi secara terpadu. Dengan melibatkan unsur, diantaranya TNI-Polri, Perangkat Daerah terkait, dan elemen masyarakat.

 

Berdasarkan Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) dalam memasuki bulan Desember ini di Jawa Timur utamanya di Magetan memasuki musim penghujan, maka dari itu kita mengadakan apel gelar kesiapan pasukan dan perlengkapan.

 

Hal ini sekaligus mengingatkan kita semua untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana, sebagai antisipasi untuk mengurangi resiko apabila bencana benar-benar terjadi.

 

“Kabupaten Magetan memiliki potensi bencana yang masuk dalam kategori bencana Hidrometeorologi. Yaitu bencana banjir, longsor, angin puting beliung dan cuaca ekstrim. Pemerintah bisa dengan cepat melakukan langkah-langkah secara cepat,” tandasnya.

 

“Berkenaan dengan hal tersebut, saya memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya Apel Kesiapsiagaan yang digelar Polres Magetan dalam rangka antisipasi bencana alam ini. Selain sangat strategis untuk mengecek kesiapan dan kekuatan SDM/Personil serta sarana dan prasarana, Apel ini juga sangat strategis untuk memperkuat komitmen, sinkronisasi dan koordinasi dari semua pihak terkait dalam rangka antisipasi dan tanggap bencana” jelasnya. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed