oleh

Batiwanmil 0804/09 Sukomoro Berikan Wasbang Tentang Self Harm Pada Penyuluhan Terpadu Di SDN 1 Kentangan

Magetan.kabarberitanews.com– Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, Jawa Timur mendapati puluhan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri melakukan self harm dengan cara menyayat pergelangan tangan. Self harm adalah perilaku seseorang yang sengaja menyakiti atau melukai diri sendiri. Meskipun perilaku ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai alat, mulai dari benda tajam hingga tumpul, bentuk lainnya dapat mencakup tindakan seperti menjambak rambut atau memukul diri sendiri. Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan terkait hal tersebut, seperti yang dilakukan di SDN 1 Kentangan telah dilaksanakan penyuluhan terpadu mengenai Self Harm yang di hadiri oleh, Batiwanmil 0804/09 Sukomoro, Babinsa Kentangan, Babinkamtibmas Kentangan dan Guru SDN 1 Kentangan serta siswa/i, Sabtu (11/11/23).

Menurut Batiwanmil 0804/09 Sukomoro Kodim 0804/Magetan Pelda Sumino, mengatakan  anak-anak merupakan usia-usia yang masih labil. Anak-anak usia remaja belum memiliki pengalaman menghadapi permasalahan-permasalahan kehidupan. Maka dalam menghadapi masalah yang ada, para anak-anak cenderung mengambil jalan pintas yang sifatnya sementara, seperti melakukan tindakan self-harm. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya adalah hilangnya figur-figur yang dapat dicontoh, hingga adanya pengaruh muatan-muatan negatif di media sosial.

“Maka dari itu kita sebagai orang tua, guru maupun pembimbing anak dimana pun harus bisa mengerti dan memahami permasalahan yang sedang dihadapi oleh anak-anak dengan sering berkomunikasi dengannya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan”, tambahnya.

Menurut Batiwanmil 0804/09 Sukomoro, Self Harm dapat di atasi dengan Self-Love yaitu mencintai diri sendiri berarti perasaan ikhlas menerima segala hal yang dimiliki dan Self-Care yaitu memberi ruang untuk “lari” (muhasabah) dari segala rutinitas sehingga seseorang akan mempunyai hubungan yang sehat dengan diri sendiri.

 “Tindakan yang merugikan diri sendiri, yang melukai diri sendiri, bukanlah sesuatu hal yang baik untuk bisa digunakan dalam menghadapi ujian kehidupan. Oleh karena itu, anak anak untuk bisa mencintai diri sendiri, teruslah belajar karena kehidupan ini adalah pelajaran tanpa akhir. Sehingga dengan belajar bisa menjadi manusia yang baik, menjadi manusia yang berbahagia, dan tentunya menjadi manusia yang bermanfaat,” tutupnya.(R-09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed