oleh

Cegah Stunting Babinsa Tawanganom Magetan Ajak Warganya Gemar Makan Ikan

Magetan. Babinsa Kelurahan Tawanganom Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Sertu Ponijan bantu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur laksanakan kampanye gemar makan ikan kepada masyarakat Kelurahan Tawanganom dan Kelurahan Selosari di Pendopo Kantor Kelurahan Tawanganom, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Selasa (06/05/2021)

Gemar makan ikan ini diyakini dapat membuat semua kalangan usia termasuk generasi yang masih dalam kandungan sehat, kuat, dan cerdas. Karena itu, masyarakat harus mau mengonsumsi ikan untuk menghindari stunting.

Ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga. “Dengan kampanye gemar makan ikan ini, masyarakat semakin tahu pentingnya asupan gizi dari ikan untuk menangkal stunting dan gizi buruk,” kata Babinsa Tawanganom Sertu Ponijan.

Dengan mengonsumsi ikan, diharapkan pula dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) daerah ini sesuai dengan target yang diharapkan. Semua pihak terkait harus berupaya lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan.

Drh Nur Hariyani menjelaskan alasan gemar makan ikan kencang dikampanyekan karena ada beberapa alasan, ikan dibandingkan dengan produk protein lain yang paling mudah diserap oleh tubuh. “Karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, dan penyerapan yang mudah di dalam tubuh menjadi salah satu solusi untuk anak-anak keluar dari garis stunting”, ungkapnya.

Sementara itu Murdono Ariyanto S. STP. MM ( Kepala Kelurahan Tawanganom) mendukung kampanye gemar makan ikan diwilayahnya. Makan ikan tersebut penting bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga stunting bisa dicegah. “Dengan gemar makan ikan ini, harapan kami lahir generasi yang cerdas dengan tinggi badan sesuai dengan usianya serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Magetan, khusunya di Kelurahan Tawanganom”, pungkasnya. (Ponijan/R.01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed