oleh

Danramil 0804/09 Sukomoro, Upacara Bendera Cara Efektif Untuk Tanamkan Nasionalisme

-Berita-1,081 views

Magetan. kabarberitanews.com – Memberikan dan mengajarkanmateri  tata upacara  bendera di sekolah dan Pelatihan PBB kepada peserta LDK SMAN 1 Sukomoro, merupakan wujud kepedulian  Anggota Koramil 0804/09 Sukomoro, dalam implementasi sistem pendidikan berbangsa dan bernegara, untuk membentuk karakter anak yang disiplin kuat dan patriotisme agar siswa lebih mencintai tanah airnya, Selasa (06/09/2022).

Kegiatan yang diikuti 44 pelajar SMAN 1 Sukomoro ini,kata Bati Wanwil Koramil 0804/09 Sukomoro Pelda Ribut  bahwa pemberian materi tata upacara bendera di Sekolah dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para siswa kepada tanah air, berdisiplin sekaligus menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

Sementara itu Danramil 0804/09 Sukomoro Kapten Cba (K) Dyah Milasari menuturkan, Nilai dalam proses upacara bendera itu perlu diperkenalkan kepada para murid agar menumbuhkan jiwa patriotisme (cinta Tanah Air) dan nasionalisme (cinta bangsa). Karena, dengan upcara bendera itu, semua murid dingatkan tentang Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Artinya, melalui penyampaian materi tata upacara ini secara tidak langsung membangun cinta kepada negara, bangsa, dan Tanah Air Indonesia. Karakter bangsa yang seperti inilah yang seharusnya memang ditanamkan kepada anak-anak sekolah dasar dan menengah,” jelas Danramil.

Dalam konteks inilah, upacara bendera merupakan salah satu sarana membangun jati diri bangsa dalam diri para murid sekolah dasar atau menengah agar timbul rasa hormat, menghargai, dan cinta kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu Koramil 0804/09 Sukomoro perlu membantu sekolah-sekolah di wilayah dalam membangun karakter tersebut, “ungkapnya”. (R.09)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed