oleh

Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Mendampingi Team Penilai Lomba Kampung Pancasila Di Kelurahan Mangkujayan

Magetan – Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kapten Caj Jemani mendampingi team penilai lomba kampung Pancasila di kelurahan Mangkujayan kecamatan Magetan kabupaten Magetan, Selasa (15/03/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut antar lain Bpk. Tri Atmadji, S.Sos (Camat Kec. Magetan), Kapten Inf Joko Priadi (Pasi Ter Kodim 0804/Magetan) beserta Staf,Kapten Caj Jemani (Danramil Tipe B 0804/01 Magetan), Kapolsek Magetan diwakili Iptu Drs Djoko Wahyono (Wakapolsek Magetan), Bpk. Susanto, S.Sos (Ka. Kel. Mangkujayan), beserta perangkat, Babinsa Kel. Mangkujayan Srd Heru Budi,Bhabinkamtibmas Kel. Mangkujayan Aipda Yahat,Anggota Koramil Tipe B 0804/01 Magetan,Tokoh masyarakat Kel. Mangkujayan, Kec./Kab. Magetan.

Kepala kelurahan Mangkujayan dalam sambutannya menyampaikan, “Selamat datang di kelurahan Mangkujayan kepada tim penilaian kampung Pancasila dari Kodim 0804 Magetan “.

Dalam sela sela penilaian, Danramil Tipe B 0804/01 Magetan menyampaikan apresiasi kepada Lurah Mangkujayan yang telah bersedia wilayahnya sebagai perwakilan kecamatan Magetan dalam penilaian kampung Pancasila yang merupakan inisiasi dari Kodim”, ucap Kapten Caj Jemani.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, “Ini menjadi catatan penting bagi Koramil karena dengan adanya kampung Pancasila diharapkan generasi milenial bisa memahami,menghayati dan mengamalkan Pancasila”.

“Keterlibatan dan kesadaran masyarakat sangat penting, ketika kita mengamalkan Pancasila”, ujarnya.

Menurut Danramil, apa yang sudah ada di Kelurahan Mangkujayan  Bawah saat ini, pengamalan Pancasila harus ditingkatkan. Sebab menanamkan mindset Pancasilais memang membutuhkan waktu yang tidak singkat.

“Dibutuhkan kerja sama dan transfer pengetahuan atau pembiasaan perilaku sejak dini yang di dalamnya terkait bagaimana orang tua menjadi panutan bagi anak-anak dalam mengamalkan Pancasila “, kata Kapten Caj Jemani.

“Jadilah smart citizen, di mana masyarakat harus aktif terlibat dalam pembangunan. Kampung Pancasila ini merupakan manifestasi dari pelibatan masyarakat itu, khususnya dalam menjalankan kehidupan ber Pancasila”, lanjut dia.

Selain itu, upaya yang dilakukan saat ini merupakan investasi jangka panjang. Bagaimana menyiapkan anak-anak kita sadar cinta tanah air dan mengamalkan Pancasila untuk Indonesia semakin maju, sehingga diperlukan kesabaran dan konsistensi dari kita semua.

“Kolaborasi dengan stakeholder terkait sangat dibutuhkan. karena dimasa ini, pembangunan tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh aparat atau birokrat saja, melainkan koordinasi dan sinergi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan demi menunjang setiap program-program pembangunan”, tutup Kapten Caj Jemani.(R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed