oleh

Tingkatkan Penanganan COVID-19, Babinsa Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Gelar Rakor Bersama Tiga Pilar 

Magetan.  Babinsa Kelurahan Mangkujayan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kopka Kamaruddin laksanakan kegiatan acara Penyampaian Covid 19 dan Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) di Aula Kelurahan Mangkujayan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Sabtu (27/11/2021)

Babinsa Kelurahan Mangkujayan, mengatakan bahwa rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Kelurahan Mangkujayan Susanto,S.Sos, Ketua LPM, Anggota Babinsa dan Bhabinkantibmas Kel.Mangkujayan, Ketua RW dan RT Kel.Mangkujayan,P engurus TP dan PKK Kelurahan, Kader Bank Sampah Sekelurahan Mangkujayan.

“Tiga aspek yang menjadi pembahasan dalam kegiatan rapat koordinasi terkait penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Mangkujayan diantaranya peran stakeholder untuk mengedukasi kepada masyarakat, penegakan protokol kesehatan yang perlu regulasi jelas dan yang terakhir pencapaian target vaksinasi,” ujar Kopka Kamaruddin.

Babinsa Kelurahan Mangkujayan  menanggapi keseriusan pemerintah dalam penanganan Covid-19 sudah sangat baik, perlu kesadaran masyarakat untuk mendukung program – program pemerintah itu juga sangat penting.

“Mari kita bersama-sama berperan melawan pandemi  Covid-19 ini dengan meningkatkan kedisiplinan diri dan lingkungan,” imbuhnya.

Sedangkan untuk Kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) merupakan salah satu Program Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan, yang merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparatur Kelurahan agar mau dan mampu menumbuh kembangkan potensi kelurahan sehingga semua lapisan masyarakat berperilaku dan berbudaya ramah lingkungan untuk mewujudkan kelurahan yang bersih dan lestari.

Strategi yang diterapkan dalam Program BERSERI meliputi strategi bersih yaitu menumbuhkan budaya bersih pada masyarakat untuk mencintai lingkungan, strategi lestari yaitu dengan meningkatkan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup dan perilaku sehat serta strategis, ekonomi hijau yaitu dengan menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup untuk generasi kini dan yang akan datang melaluai pola dan aktifitas kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan.

Komponen dasar Kelurahan Berseri di masing-masing RW yaitu tempat sampah terpilah, pengomposan/komposting, Bank sampah, penataan tanaman jalan, kader/warga yang aktif dan produk 3R unggulan. Dengan indikator penilaian Kelurahan Berseri antara lain Presentasi Lurah, Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam. “pungkas Kopka Kamaruddin” (R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed