oleh

KKN UMBY Kelompok 76 Gelar Webinar Bertema “Parents Talk” Untuk Warga Komplek Pertamina Batu 8 Atas

-Berita-1.033 views

Yogyakarta. Pada semester genap tahun 2021 ini Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XXXIX di tengah-tengah masa pandemi covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah bagi anggota yang terjun langsung ke lapangan.

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 76 yang didampingi oleh Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum. selaku dosen pembimbing lapangan dan anggota kelompok terdiri dari 9 orang mahasiswa yang diantaranya 6 orang berasal dari Prodi Psikologi, 1 orang berasal dari Prodi Ilmu Komunikasi, 1 orang Prodi Manajemen, dan 1 orang dari Prodi Akuntansi.

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 76 memilih lokasi di Jalan Kauman Komplek Pertamina Batu 8 Atas Blok C No 1 RW 02 Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang Timur, Kepulauan Riau. Tema yang diusung adalah pemberdayaan masyarakat melalui pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak selama masa pandemi covid-19. Tema ini diangkat berdasarkan banyaknya masalah belajar yang timbul dikarenakan sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan sejak ditetapkannya pandemi pada Maret 2020.

Berdasar dari masalah tersebut, salah satu program kerja tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 76 adalah “Parents Talk” yang di dalamnya terdapat tiga pembahasan yang berbeda, yaitu orang tua hebat, pola asuh tepat; peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah online; dan masihkah perlu mengenal motivasi belajar pada anak?. Program kerja ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 6 – 8 Agustus 2021. Pada masing-masing pembahasan, tim penyelenggara mengundang tiga narasumber yang berbeda, yaitu pada pembahasan “orang tua hebat, pola asuh tepat” dengan pemateri Maria Purnama Nduru, S.Psi., M.Pd. selaku dosen program studi PGSD Universitas Flores Ende; pada pembahasan “peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah online” dengan pemateri Mayor CKM Dr. (C) Endri Mustofa, S.Kep.Ners., S.Psi., M.Kes. selaku prajurit TNI-AD aktif yang juga mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Latumeten Ambon dan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan dr. Soepraoen  Malang; dan pembahasan “masihkah perlu mengenal motivasi belajar pada anak?” dengan pemateri Ibu Andri Yani selaku ketua posyandu Aisyah kota Tanjungpinang Tanjungpinang dan Ketua Pokja 1 PKK Kecamatan Tanjungpinang Timur, Ibu Asmiwaty selaku Ibu RT 01, RW 02, Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan Ibu Salamah selaku guru TK Aisyiyah Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan dikarenakan pada masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak anak-anak yang harus belajar secara online, sehingga menyebabkan kurangnya motivasi serta semangat belajar pada anak, kemudian juga banyak orangtua yang mengalami kesulitan dalam mendampingi anak belajar selama dilaksanakannya pembelajaran daring. Acara ini dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menunjang kelancaran kegiatan tersebut diantaranya aplikasi Zoom Meeting, Grup WhatsApp, dan YouTube, sehingga tidak menimbulkan adanya kerumunan sesuai dengan larangan pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat sangat membantu atau menambah pengetahuan dimasyarakat. Kegiatan ini mendapat respons yang positif berupa komentar dan reaksi terkait kegiatan yang telah dilaksanakan serta keantusiasan warga sekitar. (Hanin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed