oleh

Gerak Cepat Mencegah Merebaknya DBD, Babinsa Desa Nguri Bersama Dinas Kesehatan Laksanaan Fogging

Magetan.kabarberitanews.com – Guna mencegah merebaknya penyakit DBD Pemerintah desa Nguri bersama Koramil 0804/12 Lembeyan bekerjasama dengan Puskesmas Kec Lembeyan, dan Dinas kesehatan Kabupaten Magetan, melaksanakan giat fogging di wilayah Desa Nguri Kecamatan Lembeyan, yang merupakan desa binaan Serda Sigit. Sabtu (22/06/2024).

 

Kegiatan fogging ini menggunakan alat fogging dari Dinas Kesehatan Magetan, petugas fogging dari Puskesmas Lembeyan didampingi Kades Nguri dan pihak Koramil Lembeyan. Fogging difokuskan di wilayah RT. karena sudah terindikasi warga yang sakit karena DBD “Terangnya.

 

Penanggung jawab Dinas Kesehatan Puskesmas Lembeyan Dr Tatang Broto Legowo mengatakan, “Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aides Aigepti. Oleh sebab itu langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan perangkat desa, dan Babinsa Koramil Tipe B 0804/12 adalah melakukan tindakan pengasapan/fogging, dengan tujuan memutus siklus penyebarannya dan memberantas nyamuk tersebut agar tidak bisa berkembang biak lebih banyak,” ujarnya.

 

Sementara itu, Danramil Tipe B 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Sarpan mengatakan, kegiatan fogging ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah Binaan Koramil 0804/12 Lembeyan

 

Lebih lanjut Danramil mengatakan, setelah dilaksanakan giat fogging di desa Nguri ini dan juga nantinya Desa-desa lain di wilayah Kecamatan Lembeyan, bisa mencegah dan terbebas dari penyakit DBD. Beliau berpesan kepada Masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah maupun disekitarnya agar tidak memberi kesempatan nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak yaitu dengan cara 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur).

 

Kades Nguri bapak Sriyono menyampaikan sangat berterima kasih kepada anggota Koramil Lembeyan yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan giat Fogging di wilayah Desa Nguri sehingga dapat mencegah berkembang biaknya nyamuk yang sangat berbahaya. Beliau mengharapkan agar kegiatan fogging ini bisa berkesinambungan sehingga desa Nguri terbebas dari penyakit Demam Berdarah (DBD). pungkas Serda Sigit (R 12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed