oleh

Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024: Dandim 0804/Magetan, Pesta Demokrasi ini Harus Berjalan Damai, Aman dan Lancar

Magetan.kabarberitanews.com – Komitmen wujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, adil (jurdil) langsung, umum bebas dan rahasia (luber) di Kabupaten Magetan, Kodim 0804/Magetan menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 bertempat di aula Makodim 0804/Magetan. Rabu (8/11/2023)

 

Kegiatan ini juga melibatkan berbagai unsur, diantaranya Forkopimda, KPU, Bawaslu, Partai Politik Peserta Pemilu. Komitmen deklarasi damai ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan deklarasi Pemilu Damai yang diawali oleh Pj. Bupati Magetan, Ketua DPRD Magetan, Dandim 0804/Magetan, Kapolres Magetan, Kepala Kejaksaan Negeri Magetan, Kepala Pengadilan Negeri Magetan dilanjutkan KPUD Magetan, Bawaslu Magetan dan perwakilan Partai Politik.

 

Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., dalam sambutannya mengatakan tujuan dari dilakukannya Deklarasi Pemilu Damai ini, Selain menyukseskan Pemilu Serentak, juga menciptakan adanya Pemilu yang berintegritas serta menciptakan situasi aman, damai dan kondusif di wilayah Kabupaten Magetan.

 

“Deklarasi Pemilu Damai ini sebagai upaya menyamakan tekad dan semangat menyelenggarakan Pemilu 2024 baik Pilpres maupun Pileg yang damai, bermartabat dan berkualitas, sebagai tolak ukur kedewasaan demokrasi dan mewujudkan sistem pemerintahan Negara yang berkedaulatan rakyat,” ujarnya.

 

Harapannya Deklarasi Pemilu Damai ini benar-benar menjadi komitmen kita bersama dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh seluruh partai peserta Pemilu. Dengan demikian Pemilu 2024 dapat diselenggarakan secara demokratis, jujur, akuntabel dan bermartabat, “imbuhnya”.

 

Hal senada juga disampaikan Pj Bupati Magetan Ir. Hergunadi, M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Magetan dalam menyongsong hajat besar Pemilu 2024 mendatang mempunyai komitmen yang sama dengan penyelenggara pemilu dan masyarakat Magetan, yakni mendorong pemilu berjalan sukses dengan mengedepankan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil (luber dan jurdil) dalam suasana yang aman, damai, dan kondusif.

 

Pemilu bukan sekadar merupakan bentuk seremonial atau yang sering disebut sebagai pesta demokrasi, akan tetapi pemilu merupakan salah satu wahana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, juga merupakan sendi pokok dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“Dari Pemilu, diharapkan akan melahirkan sosok pimpinan dan penyelenggara negara yang benar-benar mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan Negara, “jelas Pj Bupati Magetan”.

 

Oleh karena itu pada kesempatan yang berharga ini akan kita gunakan untuk mendeklarasikan semangat dalam mewujudkan kampanye pemilu damai, aman dan tertib yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan deklarasi Pemilu Damai, “tandasnya”. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed