oleh

Satgas TMMD Ke-118 Kodim 0804/Magetan Isi Khutbah jum’at Di Masjid Desa Plangkrongan

Magetan, Dalam pelaksanaan program TMMD ke-118 Kodim 0804/Magetan terdapat program tambahan yakni Sholat Jum’at bersama masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, anggota Satgas TMMD sertu H.M Tasir SH  mendapat kesempatan untuk mengisi Khutbah Jum’at di Masjid Baiturrohman Desa Plangkrongan Kec. Poncol Kabupaten Magetan. Jum’at (06/10/2023).

 

Kegiatan keagamaan ini dilaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan sasaran non fisik dengan berperan aktif meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh personel Satgas TMMD bersama warga setempat. Dalam kesempatan tersebut, warga masyarakat Desa Plangkrongan antusias dan berbondong-bondong untuk melaksanakan sholat Jum’at berjamaah.

 

Sertu H.M Tasir SH  dalam khotbahnya menyampaikan, Puji syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan terutama nikmat iman dan Islam.

 

Mari senantiasa kita tingkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT. Ada empat golongan orang-orang yang dirindukan Syurganya Allah SWT, di antaranya adalah orang yang membaca Al-Qur’an, Orang yang menjaga lisan,” tutur Sertu H.M Tasir SH dalam khotbahnya.

 

Cukuplah mati itu sebagai nasehat. Kita lihat orang-orang kaya, apakah setelah mati mereka membawa hartanya, kita lihat raja-raja, apakah mereka mati dengan membawa kerajaannya. Kita lihat orang gagah-gagah, apakah setelah mati mereka dapat membanggakan kegagahannya.

 

Kita merasakan bagaimana nasibnya orang-orang yang menghadap Alloh, sebagian diterima dan sebagian tidak diterima oleh Alloh. Para Nabi dan Rosul setelah mereka letih-letih dan susah payah menjalankan agama di dunia ini, sekarang telah mengahadap Alloh, alangkah untung dan mulianya mereka disisi Alloh. Para shohabat, para wali-wali Alloh, orang-orang yang sholeh sekarang telah menghadap kepada Alloh, kelelahan mereka dalam beribadah telah hilang, kesusahan mereka dalam menjalankan agama telah hilang, mereka menghadap kepada Alloh dengan mengucapkan “Segala puji bagi Alloh yang telah menghilangkan duka cita dari kami.”(Q.s.Faathir:34).

 

Maka di hari jum’at yang mulia ini kita ingat perkara ini, inilah maksudnya kita dikumpulkan dalam majlis jum’atan ini, yaitu supaya kita menjadikan maksud hidup kita adalah akhirat. Barang siapa yang menjadikan maksud hidupnya untuk akhirat maka Alloh akan mencukupi segala urusan dunia dan akhirat, tatapi barang siaa yang menjadikan maksud hidupnya urusan dunia maka dia di akhirat akan celaka dan bagiannya di dunia tidak lebih dari perkara yang telah ditentukan oleh Alloh. Maka hadirin yang di muliakan Alloh SWT. kita jadikan maksud hidup kita yaitu urusan akhirat jangan sampai ada hari-hari atau waktu-waktu yang tidak ada manfaatnya untuk akhirat kita. Umur kita adalah mahal dan bila umur telah habis maka tidak akan ditambah lagi.

 

“Maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (Q.s.AlA’raaf:34).

 

Di akhir Khotbahnya, khotib mengajak untuk senantiasa bersyukur bahwa di Desa Plangkrongan sedang dilaksanakan pembangunan infrastruktur Desa yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan oleh TNI dengan programnya yaitu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118 Kodim 0804/Magetan.

 

Seraya menutup khotbahnya, khotib juga mengajak untuk meningkatkan kebersamaan dengan bergotong royong bersama anggota TNI dalam membangun Desa.

 

“Kita bersyukur dimana Desa kita sedang dibangun bersama TNI melalui program TNI mannunggal Membangun Desa ke 118 Kodim 0804/Magetan, untuk itu mari kita bersama-sama bergotong royong untuk menyelesaikan pembangunan desa kita, semoga apa yang kita kerjakan senantiasa selalu diberi kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT ,” tutupnya (red/tsr/0804)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed