oleh

Satgas TMMD 118 Kodim 0804/Magetan Gelar Penyuluhan Peternakan

Satgas TMMD Ke 118 Kodim 0804/Magetan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Magetan, menggelar Penyuluhan Peternakan yang diselenggarakan di Aula Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Jatim.

Peltu Try Wahyudi bersama Staf Dinas Peternakan Kabupaten Magetan Drh. Sidik Perwito penyuluhan dan Sosialisasi serta melakukan diskusi tentang Cara beternak Sapi yang Baik dan Benar yang berlangsung di Aula Kantor Desa Plangkrongan.

Drh. Sidik Perwito, menyampaikan diskusi dan penyuluhan adalah program sasaran Non Fisik TMMD Ke -118 Kodim 0804/Magetan Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga Perkembangbiakan Sapi.

Belum banyak peternak yang memberikan makanan tambahan berupa pakan jadi, yang umumnya dilakukan oleh peternak yang sudah berorientasi Ekonomi Kreatif, dan Tidak sedikit peternak sapi yang ada di Desa Plangkrongan berupaya Membuat Pakan Jadi, sebagai pengembang Produksi Permentasi hanya sedikit saja.

Untuk itu diskusi dan penyuluhan peternakan ini sangat baik sekali, apalagi pemerintah berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan bantuan untuk gratis guna memenuhi kebutuhan kesejahteraan ekonomi ” Pungkasnya.

Peltu Try Wahyudi berharap masyarakat dapat menerima apa yang disampaikan pemateri sehingga perkembangbiakan peternak sapi dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat

Kegiatan ini merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118 yang digelar di desa Plangkrongan.

Kabid Usaha Tani Peternakan Kab. Magetan, Drh. Sidik Perwito, menyampaikan kepada masyarakat tentang bahaya rabies dan vaksin rabies.

Dikatakannya, pemilik hewan penular rabies sudah saatnya memahami gejala dan cara pencegahan penyakit rabies di tengah masyarakat. Pencegahan penularan rabies dapat dilakukan dengan program vaksinasi rabies secara teratur.

“Ini kita lakukan dalam rangka menjaga ketenteraman dan keamanan masyarakat Desa Plangkrongan, karena rabies adalah salah satu penyakit zoonosa yang ditakuti dan bisa ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya,” ujarnya, Kamis (12/10/2023) malam.

Dansatgas TMMD ke 118, Letkol Inf Dani Indrajaya S.I.P mengungkapkan, dilaksanakannya penyuluhan ini mengingat banyaknya warga sekitar yang memelihara hewan seperti sapi, kambing, dan beternak kucing.

“Semoga dengan adanya penyuluhan ini, warga setidaknya bisa mengetahui tanda-tanda hewan yang tertular rabies. Dan juga meningkatkan ekonomi warga melalui peternakan,” harapnya. (red/tsr/MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed