oleh

Dandim 0804/Magetan Dampingi Gubernur Jawa Timur Tinjau Posko Karhutla Gunung Lawu

Magetan – Komandan Kodim (Dandim) 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., bersama jajaran Forkopimda Magetan mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau posko kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Lawu dan bakti sosial pembagian paket sembako kepada masyarakat di Desa Ngiliran, Kec. Panekan, Kab. Magetan. Selasa (10/10/2023)

 

Secara langsung, Gubernur Khofifah melakukan pemantauan kondisi terkini karhutla di Gunung Lawu yang masuk dalam wilayah Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.

 

Kunjungan ini merupakan bukti komitmen Pemprov Jatim, BNPB, TNI-Polri dan semua pihak dalam upaya merespon, sekaligus berupaya pemadaman karhutla di Gunung Lawu.

 

Mencegah dan mengatasi karhutla, kata Gubernur Khofifah, sejatinya sudah menjadi tugas semua pihak, tanpa terkecuali masyarakat. Dalam kunjungan itupun, Gubernur juga mengapresiasi upaya para petugas dan sukarelawan yang berjibaku meredam meluasnya karhutla.

 

“Terima kasih kepada TNI-Polri, Tim Gabungan, sukarelawan, masyarakat dan semua pihak yang telah bekerja tanpa lelah untuk memadamkan api di Gunung Lawu. Peristiwa ini menunjukkan pentingnya mengedukasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjaga keutuhan hutan ini. Hutan adalah paru-paru dunia dan pelindung kehidupan di bumi,” kata Gubernur Khofifah.

 

Sementara itu Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., menyampaikan saat ini kondisi sebaran titik api karhutla di Gunung Lawu cukup terkedali dan sudah mulai dapat dikendalikan berkat adanya bantuan water bombing dari BNPB dan pembuatan ilaran atau sekat api oleh TNI-Polri, Perhutani, Relawan dan masyarakat.

 

Namun demikian Dandim 0804/Magetan menegaskan tim gabungan TNI-Polri (Kodim 0804/Magetan dan Polres Magetan), Perhutani, Relawan dan masyarakat masih terus bersiaga dilokasi Karhutla Gunung Lawu di Desa Ngiliran, hingga betul-betul titik api dinyatakan padam.

 

Disela-sela kegiatan tersebut Dandim 0804/Magetan juga menyampaikan terima kasih kepada BNPB yang sudah mengirimkan bantuan helikopter untuk bisa melakukan water bombing. Juga terima kasih atas ikhtiar dari seluruh pihak, utamanya relawan dan masyarakat sekitar hutan  Gunung Lawu yang turut membantu dalam pembuatan ilaran atau sekat pembatas api dalam upaya pemadaman karhutla di Gunung Lawu. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed