oleh

Dandim 0804/Magetan Bersama Forkopimda Tinjau Pos Lapangan Karhutla di Cemorosewu

Magetan.kabarberitanews.com – Guna mengantisipasi ancaman dan dampak El Nino Tahun 2023, berbagai langkah dilakukan pemerintah Kabupaten Magetan, Kodim 0804/Magetan, Polres Magetan dan Perhutani KPH Lawu dengan mempersiapkan berbagai langkah mitigasi, terutama dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Lawu.

 

Hari ini Kamis (12/10/2023) Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., bersama jajaran Forkopimda Magetan meninjau langsung Pos Lapangan Karhutla Gunung Lawu tepatnya di pos pendakian Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan.

 

Kata Dandim 0804/Magetan, untuk memaksimalkan fungsi pos Lapangan dalam pencegahan karhutla Gunung Lawu  ini, pihaknya bersama Pemerintah Daerah, Kepolisian, BPBD, Perhutani menerjunkan sejumlah petugas dan sukarelawan. Selain itu, posko ini juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk mencegah kebakaran lahan dan peralatan lainnya untuk menunjang memadamkan api serta dapur umum.

 

Lanjut Dandim, menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak fenomena iklim El Nino ini akan memicu cuaca panas ekstrem di Indonesia pada Agustus-Oktober 2023 dan akan berlanjut hingga awal 2024.

 

Oleh karena  dihimbau masyarakat agar tetap menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membakar sampah. “Sudah ada imbauan dari pemerintah pusat dan berbagai instansi agar tidak ada lagi kegiatan pembakaran sampah atau pembakaran lahan, terutama di musim kemarau untuk mencegah terjadinya kebakaran,” kata Dandim 0804/Magetan. (MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed