oleh

Komandan Koramil 0804/01 Magetan Hadiri Kirab THEK THUR Bersih Desa Di Kelurahan Kebonagung

Magetan.kabarberitanews.com-  Komandan Koramil 0804/01 Magetan Kodim Magetan Kapten Arm Khoirudin menghadiri pelaksanaan kegiatan kirab THEK THUR Bersih desa kelurahan Kebonagung bertempat di Kelurahan Kebonagung kecamatan magetan kabupaten Magetan. Minggu (6/08/2023)

Thek’Thur atau kentongan merupakan sebuah alat komunikasi jaman dahulu yang digunakan oleh masyarakat untuk memberikan sebuah tanda, misalnya untuk mengumpulkan masyarakat atau memberi pertananda jika ada kejadian contohnya  ( kejadian pencurian,gunung meletus,rajapati dll).

Kirab yang dilaksanakn hari sabtu 5 agustus 2023 yang lalu dimulai dari depan kantor kelurahan, selanjutnya akan mengelilingi kelurahan Kebonagung dan berhentinya di makam Mbah Sundul.  Selain kirab Thek’Thur, ada juga pertunjukan reog di depan makam mbah Sundul.

Dalam kesempatan yang ada, Danramil 0804/01 Magetan Kapten Arm Khoirudin mengatakan ,kami mendukung kegiatan kirab ini, karena kirab Thek’Thur ini merupakan kegiatan warga Kebonagung yang ingin melestarikan adat istiadat, Karena itu harus kita uru uri (lestarikan).

Selain itu Danramil juga mengatakan bahwa Kegiatan kirab THEK THUR Bersih desa  kelurahan Kebonagung berjalan dengan lancar dan selesai dalam keadaan aman. “pungkas Kapten Arm Khoirudin. (R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed