oleh

Babinsa Koramil 0804/01 Magetan H.M,Tasir, SH Menjadi Khatib Khutbah Jumat Masjid Al Barokah

Magetan, Babinsa Kelurahan Kebonagung Koramil 0804/01 Magetan, Sertu H.M.Tasir, SH bertindak sebagai khatib pada Shalat Jumat di Masjid Al Barokah  Desa Baron Magetan Jatim. Dalam khotbahnya, Sertu  H.M.Tasir, SH mengingatkan kepada seluruh jamaah untuk senantiasa meningkatkan  kadar keimanan, ketaqwaan  serta kualitas ibadah kita.  Jumat (21/07/2023)

 

Waktu terus berlalu dan kita akan menjadi manusia yang merugi jika tidak bisa menggunakan waktu yang ada utk beribadah. Hanya ada 3 hari, yaitu hari kemarin yang tidak mungkin kembali, hari ini serta hari esok yang belum pasti akan kita temui. Sehingga mari kita manfaatkan waktu yang ada untuk beribadah dengan baik.

 

Dalam Khutbahnya Kotib menyampaikan Senantiasa kita mensyukuri nikmat Allah Yang Maha Besar yang telah Allah berikan kepada kita, yaitu nikmat iman dan islam. Nikmat iman dan islam adalah nikmat yang besar dan sangat besar. Maka syetan siang dan malam membuat usaha, bagaimana supaya manusia itu lupa dengan nikmat yang begitu besar ini. Kalau manusia sudah lupa, dia akan mudah dicuri oleh syetan. Dia akan menganggap bahwa nikmat iman dan islam adalah nikmat yang biasa-biasa saja, sehingga dia pun tidak perlu merawatnya. Na’udzubillahi min dzalik. Itulah puncak usaha syetan. Pada akhirnya, nikmat ini, kalau tidak diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, bisa hilang dari dada kita.

 

Di antara nikmat besar yang diberikan Allah SWT kepada kita adalah kita dijadikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai umat Yang Mulia Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

 

Dengan keberkahan sebagai umat beliau, kita menjadi semulia-mulianya umat, karena beliau adalah semulia-mulianya Nabi.

 

Karena kita dijadikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala umat Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka amalan yang nilainya sedikit bernilai sangat besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

Karena kita dijadikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai umat Baginda Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka kita mendapat kemuliaan mengamalkan sunnah-sunnahnya, kemuliaan meneruskan perjuangannya. Karena tidak akan ada Nabi lagi, tidak akan ada Rasul lagi, setelah Yang Mulai Baginda Nabi Muhammad SAW sehingga umat ini mendapatkan kemulyaan meneruskan berjuangan baginda Nabi SAW

 

Di akhir khutbahnya khotib mengajak kepada jamaah untuk cangcut tali wondho memperbaki niat kita lagi, Syetan datang dari arah depan, belakang, kanan, kiri kita, menggoda agar kita menjadi loyo, agar kitaterkesan dengan kehidupan dunia ini, dan lupa dengan kehidupan akhirat yang selama-lamanya. Syetan menggoda kita agar terkesan dengan makhluk, lupa dengan Pencipta. Syetan menggoda kita supaya terkesan dengan harta benda, lupa dengan amalan-amalan agama. Padahal, semua itu kalau kita mau merenung,”Bagaimana kalau kita ini sudah duduk di Padang Mahsyar?” Tentu semua tidak akan ada nilainya apa-apa, selain hubungan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, taat kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan tangisan kita waktu malam karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Amalan yang kita buat hanya sedikit saja yang bermanfaat. Amalan-amalan lainnya semua tidak ada nilainya sama sekali.

 

Selesai kegiatan shalat Jumat, Danramil 0804/01 Magetan Kapten Arm Khoirudin menyampaikan beberapa hal kepada jamaah Masjid Al Barokah, antara lain untuk menjadikan momentum pergantian tahun baru islam 1445H  sebagai sarana instropeksi diri agar kita semua bisa menjadi pribadi yg lebih baik dari yang sebelumnya. Juga disampaikan agar saat pergantian tahun jangan diisi dengan acara hura-hura yang tidak ada manfaatnya, laksanakan doa & zikir bersama.

Danramil mengharapkan kepedulian dan peranan dari para tokoh masyarakat maupun tokoh agama utk mengajak para generasi untuk lebih mengenal ajaran agama. Fakta sekarang di masjid-masjid, berapa persen generasi muda yang mau ikut ibadah. Lebih banyak yang memilih untuk tetap nongkrong bahkan sampai larut malam. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga generasi muda dan lingkungan kita dari pengaruh yang negative. (red/R01)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed