oleh

Dandim 0804/Magetan Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pemkab Magetan

Magetan. – Komandan Kodim (Dandim) 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 pada hari kamis (1/6/2023) bertempat di halaman Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Magetan, selaku inspektur upacara Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H.,M.Si., yang juga dihadiri oleh forkopimda Magetan.

 

Upacara tersebut diikuti oleh personel Kodim 0804/Magetan, Secata, Lanud Iswahjudi, Polres Magetan, Satpol PP, Dishub, PNS jajaran Kabupaten Magetan dan Pelajar sekabupaten Magetan dengan harapan melaksanakan kegiatan peringatan hari lahir Pancasil tahun 2023 ini, Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 tahun ini diperingati dengan mengangkat tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

 

Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H.,M.Si., dalam membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia disampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada. Sekaligus sebagai “Bintang Penuntun” (LEITSTAR) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat indoneisa yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

 

Hari lahir pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesi, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar Negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO), yaitu 20 %. Untuk mengatasinya saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia. Hal ini merupakan kerja nyata pembumian pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur pancasila. Marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global . bersama-sama menanamkan menegakkan dan menjaga pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Sementara itu Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., mengatakan, Pada kesempatan yang berharga ini, mari kita renungkan nilai-nilai pancasila dalam diri kita dan mari bersama-sama kita amalkan dalam kehidupan srhari-hari dengan meningkatkan semangat gotong royong, to;eransi, saling menghargai untuk menuju peradaban dan pertumbuhan global yang harmonis, maju, dan damai .

 

Terakhir, “saya mengajak seluruh masyarakat magetan khususnya terus menjaga dan membumikan Pancasila dalam kehidupan kita. Mari kita jadikan gotong royong sebagai prinsip kita dalam membangun peradaban dan mewujudkan pertumbuhan global yang berkelanjutan.” Pungkasnya(MC0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed