oleh

Babinsa, Koramil 0804/01 Magetan Hadiri Kegiatan Sosialisasi Dan Pembukaan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat)

Magetan.kabarberitanews.com – Babinsa kelurahan Bulukerto Serda Untung, Koramil 0804/01 Magetan, jajaran Kodim 0804/Magetan menghadiri pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pembukaan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) di Balai Pertemuan Kelurahan Bulukerto, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Kamis (08-06-2023)

Kegiatan sosialisasi dan pembukaan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) tersebut dihadiri oleh Kepala kelurahan Bulukerto Ibu Widya Yusti Atlisiaji S.Sos, Koordinator Balai PLKB Kec. Magetan Ibu Aminatus Solehah S.Sos, Babinsa Kel.Bulukerto Serda Untung, Bhabinkantibmas Kel.Bulukerto Bripka Leonard E.F, Bidan Kelurahan Bulukerto Ibu Murtini, Fasilitator SOTH Bapak Bayu Abimurti, Perwakilan Penggerak PKK, Siswa Orang Tua Kelurahan Bulukerto.

Sekolah Orang Tua Hebat, atau biasa disebut dengan SOTH, adalah sekolah pengasuhan yang digagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini merupakan terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orangtua dalam mengasuh anak, terutama anak BALITA.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala kelurahan Bulukerto Ibu Widya Yusti Atlisiaji S.Sos dan menjelaskan bahwa salah satu visi Indonesia di tahun 2045 adalah terciptanya Generasi Emas.“Untuk mewujudkan hal itu (Generasi Emas), kita perlu memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sedangkan saat ini, kita masih memiliki persoalan dalam pembangunan kualitas SDM, salah satunya adalah stunting”, ucap dia.

Sesuai dengan petunjuk BKKBN harus ada SOTH disetiap Desa. Untuk itu, dalam mengawali kegiatan, perwakilan Kecamatan Magetan diambilkan dari kelurahan Bulukerto. Adapun pengurus berjumlah 8 orang. Maksimal anggota SOTH maksimal 25 orangtua yang memiliki balita.

Koordinator Balai PLKB Kec. Magetan Ibu Aminatus Solehah yang juga hadir pada sosialisasi ini, menjelaskan bahwa kualitas pengasuhan yang diterapkan orang tua sangat menentukan kualitas anak. Karena itu, mencetak orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan anak menjadi langkah strategis untuk melahirkan generasi penerus yang berkualitas serta untuk mencegah bayi lahir stunting.

“Mengasuh anak yang baik perlu dipelajari, dilatih, dan diimplementasikan oleh orang tua. Hal itu bisa dicapai salah satunya dengan SOTH, yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak balitanya”, lanjut dia.

Dia juga berharap agar seluruh peserta dapat berkomitmen untuk menyelesaikan kegiatan SOTH sampai akhir.

Danramil 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani melalui Babinsa Kelurahan Bulukerto Serda Untung menyampaikan bahwa Koramil siap membantu pelaksanaan kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat untuk mencegah dan meminimalisir kasus Stunting. Pungkas Serda Untung (R 01).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed