oleh

Memberikan Rasa Aman Calenderes Of Even Galungan Tahun 2022 Danramil 0804-05/Poncol Lakukan Pengamanan

Magetan. kabarberitanews.com – Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Hari Raya Galungan, anggota Koramil 0804-05/Poncol Serda Hartono Babinsa Dusun Wonomulyo bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan pengamanan dan monitor kegiatan Calenderes of even Galungan tahun 2022 serta acara Haul Perintis Dusun Wonomulyo. Selasa (7/06/2022)

Bertempat di Pasarean Ki Hajar Wonokoso Dusun Wonomulyo Desa Genilagit telah dilaksanakan Calenderes of even Galungan tahun 2022 serta acara Haul Perintis Dusun Wonomulyo yang dihadiri kurang lebih 100 orang sebagai penangung jawab kegiatan Winarso Ketua Adat Hindu Dusun Wonomulyo.

Hadir pada acara tersebut Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si. (Bupati Magetan), Cahaya Wijaya (Kominfo), Joko Trihono, S.Sos, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Magetan),  Permadi (Kepala dinas kesejahtran),  Dian Maheru Robby S STP M.Si (Camat Poncol), Kapten Arm Suyatmin (Komandan Koramil tipe B 0804/05 Poncol),  AKP Sukarno (Kapolsek Poncol),  Supardi (Kepala Desa Genilangit),  Winarso (Tokoh Agama Hindu), Tokoh Agama, Pemuda dan Tokoh Adat Dusun Wonomulyo.

Danramil 0804/Poncol Kapten Arm Suyatmi melalui Serda Hartono Babinsa Dusun Wonomulyo mengatakan kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman melaksanakan ibadah.

“Kami juga mengajak pada umat Hindu yang beribadah agar semua umat yang melaksanakan ibadah tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu situasi kamtibmas, juga kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus wujudkan toleransi antar umat beragama,”pungkas Serda  Hartono.

Kepala Desa Genilangit, mengatakan dalam sambutannya Kami mewakili Masyarakat Dusun Wonomulyo mengucapkan selamat datang pada Bupati Magetan beserta rombongan yang telah berkenan hadir pada acara Galungan 2022 serta acara Haul pada Perintis Dusun Wonomulyo Ki Hajar Wonokoso sebagai bentuk tradisi lokal mengenang jasa-jasa Alm dalam merintis berdirinya Dusun Wonomulyo ini semoga acara ini bisa berkelanjutan yang bisa menjadi Wisata Relegi bagi Dusun Wonomulyo ini.

Tokoh Agama Hindu  mengatakan Makna Hari Raya Galungan bagi umat Hindu, Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan Hari Raya besar yang diperingati 6 bulan sekali. Hari Raya Galungan diperingati sebagai Hari Kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Adharma (Keburukan).  Banyak nilai spirit penting diajarkan dalam rangkaian Hari Raya  bagi Umat Hindu ini. Dharma menang melawan Adharma yang digaungkan dalam merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Hari penting Umat Hindu yang jatuh setiap 210 hari sekali ini dan dirayakan dengan meriah.

Leluhur dalam merayakan kemenangan Dharma melawan Adharma, menyelipkan tentang perjuangan hidup. Hari Raya Galungan sebagai harinya Kemenangan Dharma, tidak hanya dilihat pada Buda Kliwon Dunggulan, melainkan dari Sugihan Jawa sampai dengan Buda Kliwon Pahang. Melihat rentetan rerahinan yang cukup banyak di Bulan Juni, sebaiknya Umat mulai melakukan persiapan baik itu mengatur waktu libur dalam bekerja, menyiapkan sarana-sarana upacara.

Bupati Magetan  dalam sambutanya mengatakan dengan tidak mengurangi nilai Perayaan Galungan 2022 ini kami mewakili Pemerintah Magetan mengucapkan selamat Galungan dengan dirangkainya acara inti Galungan ini dengan Haul Ki Hajar Wonokso menjadi momentum yang sangat baik sekali dalam bidang keagamaan kerukunan umat beragama di Dusun Wonomulyo dapat hidup berdampingan dengan pemeluk Agama lain, bersatu padu guyup rukun serta menjadi Wisata Relegi bagi Masyarakat sehingga harapan menjadi berkembang untuk menambah lapangan kerja serta perekonomian masyarakat. Kegiatan Hari Raya Galungan dan Kuningan akan di Rayakan Umat beragama Hindu setiap 6 buan sekali. Dan di saat Hari Raya Galungan dan kuningan seluruh Umat Hindu melaksanakan sembayang atau persembahan.  (MC 0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed