oleh

Jelang Idhul Adha, Tiga Pilar Kelurahan Bulukerto Gelar Rakor Pencegahan PMK Pada Hewan Ternak

Magetan. kabarberitanews.com – Babinsa Kelurahan Bulukerto Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Serda Untung menghadiri kegiatan rapat koordinasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi menjelang Idul Adha yang melibatkan tiga pilar, Ketua RT dan RW, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Kel.Bulukerto. Kegiatan tersebut berlangsung  di Kelurahan Bulukerto, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Senin (26/06/2022)

Rapat koordinasi tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi penanggulangan penyebaran wabah penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak khususnya di Kelurahan Bulukerto dan Kab. Magetan pada umumnya.

Dihubungi terpisah, Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani  menjelaskan bahwa hasil dari rapat koordinasi di kelurahan Bulukerto tersebut adalah memutuskan untuk terus menggencarkan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan ke kandang hewan ternak yang ada di wilayah Bulukerto.

“Rapat koordinasi dengan semua pihak ini untuk antisipasi penyebaran wabah PMK pada hewan ternak agar tidak meluas dan melakukan sosialisasi kepada para peternak maupun kepada warga masyarakat,” ujar Danramil Tipe B 0804/01 Magetan.

Selain itu ada empat point sebagai langkah-langkah yang harus diambil guna memutus mata rantai yaitu yang pertama adalah menutup dan sterilisasi pasar hewan, kedua yaitu pembentukan satgas dan Posko guna mempermudah koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait serta potensi yang ada di Masyarakat, ketiga melakukan penyekatan di perbatasan wilayah guna memantau arus lalu lintas hewan ternak, dan yang keempat adalah mengisolasi hewan ternak jika didapati suspect wabah PMK

“Pada kesempatan ini pula kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak panik menghadapi situasi seperti saat ini dan jangan mudah percaya kepada berita hoaks, jika ada atau diketemukan hewan ternak yang suspect wabah PMK, warga diminta segera melaporkan kepada aparat maupun perangkat Kelurahan atau Satgas penanggulangan wabah PMK” Pungkas Kapten Caj Jemani.(Red/01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed