oleh

Babinsa Selosari, Turut Serta Sosialisasi Cegah Hepatitis Akut Dan DBD Dari Puskesmas Candirejo

Magetan – Babinsa Kelurahan Selosari Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Peltu Ari Himawan melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kelurahan Selosari dilanjutkan Sosialisasi Penyakit Hepatitis Akut dan Demam Berdarah Dengue (DBD) oleh Puskesmas Candirejo bertempat di Kantor Kelurahan Selosari kecamatan Magetan kabupaten Magetan.Selasa(24/05/2022)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kakel Selosari Saiful Priyo Utomo SP, Babinsa Kel. Selosari Peltu Ari Himawan,Bhabinkamtibmas Kel. Selosari Bripka Heri S, Ibu Siti Annisah S.Kep, Ners (Tim Sosialisasi dari Puskesmas Candirejo), Sekkel Selosari Mey Kusyuono S.Sos,Ketua LPM Kel. Selosari Bpk Sumarlan, Perangkat Kel. Selosari,Ketua RW dan RT sekelurahan Selosari.

Dalam kesempatan Rapat tersebut Siti Annisah S.Kep, Ners (Tim Sosialisasi dari Puskesmas Candirejo) menyampaikan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mensosialisaikan tentang bahaya penyakit Hepatitis Akut untuk anak di usia 6-16 Th sehingga penyakit tersebut tidak memliki gejala sehingga penyakit ini dapat menyebar dengan cepat yang mengakibatkan Kematian.

Di sampaikan oleh Team Sosialisasi Puskesmas Candirejo menjelaskan Bahwa penyakit tersebut hampir sama dengan virus covid 19 sehingga cara penanganya Mencuci Tangan dengan bersih dan menggunakan sabun, Tidak memakai tempat makan secara bergantian, kemudian apabila ada warga yang terkena gejala penyakit tersebut agar tidak panik segera cepat konsultasi ke puskesmas terdekat apabila di nyatakan benar mengidap penyakit hepatitis akut agar pihak puskesmas langsung melakukan penangan lanjut ke Rs Magetan, kemudian pihak puskesmas melakukan pendataan terhadap warga di dalam rumah atau keluarga terdekat agar di lakukan tes untuk mengetahui apakah terjangkit atau tidak. bagi yang sdh terkena hepatitis akut agar tidak tertular di jelaskan kembali Dalam kasus ini dan juga menjelaskan bahwa yang rentan terkena Hepatitis akut adalah anak-anak sehinga agar di sosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap lakukan pola hidup sehat.

Kemudian Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani  melalui Peltu Ari Himawan khusunya dan para Babinsa Koramil Tipe B 0804/01 Magetan pada umumya agar dapat bekerja sama dengan semua sektor yang terlibat dapat bersinergi dan bekerjasama dengan baik sehingga semua kegiatan dapat berjalan lancar dan aman.

Selama pelaksanaan kegiatan penanganan penyakit hepatitis akut tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan dapat menginformasikan kepada warga masyarakat setempat maupun warga di desa binanya masing-masing.

Selain itu Peltu Ari Himawan juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah perkembangbiakan nyamuk Aides Aigepty penyebab penyakit demam berdarah (DBD) pungkas peltu Ari H.(R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed