oleh

Melestarikan Tradisi Budaya Dalam Rangka Hari Jadi Ke 346 Kabupaten Magetan Di Tengah Pandemi Covid -19

Magetan. Sedekah alam dan budaya adalah acara tradisi turun-temurun  yang sudah dilaksanakan oleh mayoritas orang jawa,dan sampe detik hari ini di laksanakan terus oleh masyarakat warga desa Ngiliran/Bedagung,Kecamatan Panekan Kabupaten magetan. selasa (12-10-2021)

Sedekah alam merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga.bahwa sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar.

 “Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini”

Kegiatan, sedekan alam tsb dihadiri oleh DPRD provinsi jatim Ibu Diana sasa,DPRD kab magetan Bapak Suyatno Kasatpol pp kab mahetan bpok feri,dinas perikanan dan peternakan,forkopinca kec panekan,kepala desa bedagung dan ngiliran Babinsa dan babinkamtibmas,pemuda panca marga,tagana kab magetan dan perwakilan pemuda dari 2 desa.

Pelaksanaan Sedekah Alam di tandai dengan penanaman pohon dan pelepasan burung serta penanaman benih ikan di kedung molang ngiliran kec panekan msgetan.

Pelaksanaan Sedekah Alam kali ini sangat berbeda,dengan pelaksanaan sebelumnya.Ini disebabkan pelaksanaanya masih dalam suasana pandemi,jd tidak semeriah seperti Biasanya tahun2 sebelunya.

Acara Sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa ngiliran dan bedagung umumnya diberikan keselamatan, kesehatan,rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala/ wabah pandemi covit 19 yang sedang melanda.

Dalam pelaksanaan kegiatan babinsa pelda jumadi dan serka sumadi  selalu aktif memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga meminimalisir terjangkitnya klaster klaster baru covit 19.tandas babinsa serka sumadi (R.03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed