oleh

Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Latih PBB Dan Survival Kepada Saka Wira Kartika

Magetan. Personel Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan memberikan pelatihan kepada Pramuka Saka Wira Kartika Koramil Tipe B 0804/01 Magetan yang berlangsung di Kantor Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Jl Pahlawan Kabupaten Magetan(24/10/2021)

Sertu Ponijan yang memimpin langsung latihan mengatakan melalui latihan Peraturan Baris Berbaris guna menanamkan kedisiplinan dan karakter para Saka Wira Kartika Koramil Tipe B 0804/01 Magetan. Pelatihan PBB dapat membentuk sikap kedisiplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian serta melatih daya konsentrasi setiap pelajar tentang solidaritas dalam bentuk tim ataupun kelompok.

Latihan PBB tersebut bertujuan untuk membentuk karakter para pelajar agar lebih disiplin dan memupuk jiwa Nasionalisme, guna melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dengan mengatur emosi. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa semangat siswa siswi untuk melaksanakan latihan. ungkapnya.

Ini merupakan dasar dalam membentuk sikap mental dan karakter yang baik, disiplin merupakan modal utama dalam semua hal seperti sebelum mulai proses belajar mengajar maupun disiplin dalam beribadah.

Kemudian latihan dilanjutkan dengan materi Survival, apabila tiba-tiba pada suatu saat kita berada pada lokasi yang terisolir jauh dari peradaban. Oleh karena itu, maka dituntut suatu usaha untuk mempertahankan hidup dengan memanfaatkan keadaan yang ada disekitar. jadi dalam hal ini faktor penting dalam survival adalah kemauan untuk tetap hidup dan kemauan untuk mencari makan.

Difinisi dari survival, yaitu Suatu usaha untuk mempertahankan hidup dalam keadaan darurat dan berusaha untuk mengatasinya dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Survival sendiri terdiri dari survival darat dan survival laut. Dapat dibagi lagi berdasarkan jenis medannya, sehingga dikenal Survival di hutan, Survival di laut,Survival di padang pasir dan Survival di kutub.

Survival yang sedang dilatihkan saat ini di darat,dengan memanfaatkan aliran sungai bisa mencari ikan untuk dimasak dan dimakan sehingga bisa untuk bertahan hidup.dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan seperti ubi,singkong yang tumbuh di hutan, “jelasnya”.

Selama kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid 19.pungkas Sertu Ponijan.(R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed