oleh

Koramil Tipe- B 0804/07 Karangrejo Bersama Yayasan Al- Ikhlas Dan Masyarakat Peduli Lingkungan Dengan Menanam  Pohon

Magetan Jatim – Koramil Tipe – B 0804/07 Karangrejo mengajak warga peduli lingkungan dengan bergotong-royong menanam pohon di sepanjang sungai yang ada didesa Mantren Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, Rabu ( 06 Januari 2021).

“Kami bersama Yayasan Al-Ikhlas dan segenap  Pemerintahaan desa Mantren melakukan gotong-royong menanam pohon sekitar 300 batang berbagai jenis bibit untuk mencegah terjadinya tanah longsor disepanjang  aliran sungai desa Mantren dan juga untuk memelihara ketersediaan oksigen serta menjaga bumi dari pemanasan global,” kata Pelda Yahman.

Ia mengatakan, berbagai jenis bibit pohon seperti trembesi, sirsak dan sengon di tanam dengan jarak tanam sekitar tujuh meter antara pohon satu ke pohon yang lain atau sesuai kebutuhan di sepanjang 500 meter tak jauh dari pinggiran sungai. Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara nyata dan berkelanjutan guna menangani krisis global, begitu pentingnya sehingga penghijauan juga merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Pelda Yahman yang keseharianya menjabat Bati Komsos Koramil Tipe- B 0804/07 Karangrejo menambahkan, penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berfungsi sebagai penyanggah ketersediaan  Sumber  air  dan keringdangan pohon dapat sebagai peneduh dari panasnya sinar matahari.

“Penanaman pohon ini punya banyak tujuan, di samping untuk keindahan lingkungan juga dapat mengurangi polusi udara,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala desa Mantren Bpk Rudi Dwi Prasetyo menyambut baik kegiatan yang sangat positif tersebut, Betapa pentingnya penanaman pohon, selain untuk paru-paru udara dalam menyerap polusi dan akar pohon itu sendiri dapat menahan air supaya tidak langsung hilang. Dengan penghijauan ini saya berharap daerah kami menjadi teduh, tertata indah dan tampak asri,” katanya.

Ahmad salah satu murid dari Yayasan Al-Ikhlas yang ikut dalam kegiatan itu juga mengatakan, penanaman pohon ini nantinya akan memberikan rasa nyaman dan sejuk kepada para pengguna jalan di sepanjang bantaran Sungai. Untuk menciptakan rasa nyaman dan suasana sejuk ada baiknya kita bergotong royong sambil menanam pohon, pungkas Pelda Yahman (R 07).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed