oleh

Peran Babinsa Dalam Pemberdayaan Desa Binaan

-Berita-1,183 views

Magetan. Babinsa Kelurahan Selosari Koramil Tipe B 0804-01 Magetan Pelda Samsul Arifin dan Serda Kuwat mengikuti kegiatan Silaturohmi Bersama Kelurahan Sambangi RW (SIMBAH SARE) di Balai pertemuan RW 09 KPR Terung Kelurahan Selosari Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Selasa (15/12/2020)

Peran TNI melalui Satuan Komando Kewilayahan (Koramil) adalah salah satu pendukung program percepatan pembangunan di desa/kelurahan, sesuai tugas pokok selain perang yaitu membantu tugas pemerintah daerah sampai tingkat desa/kelurahan, membantu pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan SIMBAH SARE ini adalah forum musyawarah yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan, untuk menyepakati rencana kegiatan dan anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya.

Saat ditemui, Danramil Tipe B 0804-01 Magetan Kapten Inf. Suparlan mengatakan “SIMBAH SARE ini merupakan wadah bagi desa dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada didesa itu sendiri dalam melaksanakan pembangunan.

Sebagai Babinsa yang selama ini sudah membaur dengan warga binaan, ini menjadi modal dalam memberikan masukan ataupun saran kepada kepala desa dalam merencanakan pembangunan di desa binaannya.

Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Milter Selain Perang (OMSP) yaitu membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, untuk lingkup Babinsa adalah di desa binaannya masing-masing.

Dimana seorang Babinsa diberikan kesempatan dan waktunya untuk mengikuti musyawarah rencana pembangunan desa, ini merupakan kepercayaan dari aparat pemerintah tingkat desa terhadap Babinsa dalam pembangunan di desa”, jelasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut Babinsa ikut hadir dalam pelaksanaan SIMBAH SARE yang dilaksanakan saat ini.

Sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus mengetahui rencana pembangunan di desa masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa lainnya tentang segala hambatan timbul dan langkah-langkah antisipasinya, “pungkas Kapten Inf Suparlan”. (R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed