oleh

Upacara Hari Pahlawan Kabupaten Wonogiri Digelar Sederhana Dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Wonogiri – Bertempat di Halaman Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Linkungan Sanggrahan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, telah dilaksanakan Upacara Hari Pahlawan Ke – 75 Tahun 2020 dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” , Selasa(10/11).

Upacara Hari Pahlawan tersebut digelar secara sederhana dengan menerapkan protocol kesehatan, tampak dari para peserta upacara hanya diikuti oleh perwakilan dari masing-masing instansi dan setiap peserta upacara maupun tamu undangan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Pada Upacara tersebut, Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi selaku Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial Juliardi P. Batubara, Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini di seluruh pelosok tanah air dan Perwakilan RI di Luar Negeri, kita dapat melaksanakan Upacara Bendera dan Mengheningkan Cipta serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari dengan khitmad, meskipun pahlawan 10 November 2020 dengan di tengah masa Pandemi covid- 19 Inl. Tentunya dengan Jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

Meskipun dalam masa Pandemi Covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai kepahlawanan seperti: percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain, Saudara-saudara peserta upacara yang berbahagia, Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh Rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Soekarno yang menyatakan bahwa “ hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar..”

Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing., penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsalain di dunia.

(Arda 72).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed