oleh

Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal radikalisme Dalam Bingkai NKRI

Magetan. Merawat kebhinekaan untuk tangkal radikalisme dan separatis dalam bingkai NKRI, sesuai tema diatas Kodim 0804/Magetan menggelar kegiatan komunikasi sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme dan separatis, kegiatan yang dilaksanakan di Aula Makodim 0804/Magetan tersebut menghadirkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda serta masyarakat yang ada di Kab. Magetan. Kamis (5/11/2020)

Dandim 0804/Magetan yang diwakili Kepala Staf Mayor Inf Edy Sunarko, S.Sos dalam arahannya mengatakan kegiatan komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme perlu dilaksanakan untuk mewujudkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya pemahman terhadap bahaya radikalisme dan separatisme bagi segenap komponen bgs agar terbentuknya komponenn bangsa yang berkepribadian dan berjiwa Bhineka Tunggal Ika guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

Dijelaskan Mayor Edy Sunarko, bahwa maraknya berbagai persoalan yang berkaitan dengan perkembangan radikalisme dan separatisme di Indonesia bukan hanya sebagai tanggung jawab pemerintah atau aparat pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, kita semua harus peduli guna mengantisipasi timbul dan berkembangnya paham radikalisme dan separatisme khususnya di Kab. Magetan.

Saat ini paham yang sifatnya menyimpang di tengah situasi perkembangan informasi dan teknologi yang sangat pesat dan mudah diakses. Opini masyarakat dibentuk melalui media sosial dan menjadi salah satu sarana dalam penyebaran paham radikalisme bahkan pemikiran generasi muda lebih banyak dipengaruhi oleh media sosial.

“Hendaknya kita selalu waspada dan bijak dalam bermedia sosial, jangan mudah terpengaruh oleh suatu hal yang belum terbukti kebenarannya,” tegas Kasdim.

Itulah sebabnya peran kita semua terutama kepada orang tua untuk membentegi anak-anak dengan pondasi agama sehingga tidak mudah untuk terpapar paham radikalisme.

Terkait perkembangan Covid-19 Kasdim mengajak semua lapisan masyarakat berupaya dalam menangkal Covid-19 yang kini masih mewabah dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan masa dan selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, kata Kasdim. (Pen0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed