oleh

Babinsa Kodim 0906/Tenggarong Kembangkan Madu Kelulut Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh Dimasa Pandemi Covid-19

SAMARINDA – Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi hal yang penting pada masa pandemi Covid-19. Ini menjadi upaya untuk mencegah penularan Covid-19, mengingat vaksin maupun obat belum tersedia. Berbagai makanan sehat pun dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas, termasuk madu dan susu. Keduanya ternyata mengandung banyak vitamin dan protein (mikronutrien) yang baik bagi tubuh.

Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota TNI, tepatnya Babinsa Koramil 0906-01/Tenggarong Kodim 0906/Tenggarong (Tgr) Serda Ribut tidak hanya menjalankan tugas pokoknya sebagai Babinsa tetapi juga berhasil mengembangkan Lebah kelulut di desa Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (30/10/2020).

Dari mengembangkan hewan kecil yang ada di sekitaran lingkungan kita yang dianggap sebagai binatang pengganggu karena sering membuat sarang di sela-sela bangun rumah maupun perkantoran yang sering di sebut dengan nama kelulut ataupun klanceng ini ternyata dapat menghasilkan madu jika di konsumsi bisa dan mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh terlebih menghadapi pandemi covid-19.

Di masa pandemi covid-19 saat ini Serda Ribut melihat potensi madu kelulut yang sangat terbatas produksinya dan mengajak masyarakat yang menjadi binaannya untuk mengembangkan madu kelulut tersebut karena madu yang di hasilkan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh apa lagi di masa pandemi seperti saat ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Mulawarman yang bekerja sama dengan Universitas Kyushu Jepang bahwa madu kelulut dapat mencegah dan mempercepat recovery rate dalam penyembuhan covid 19, yang kami temukan itu ada sekitar 13 lebah kelulut yang sudah dibudidayakan orang tapi yang paling banyak itu jenis Trigona Itama seperti yang dibudidayakan oleh Serda Ribut bersama teman-teman ucap Prof.DR. Enos Tangke Arung, S.HUT., MP.

Enos juga menyampaikan dengan madu yang di hasilkan oleh lebah kelulut tersebut dapat menunjukkan penghambatan terhadap daya lengket atau menempelnya si Virus Corona ke sel manusia yang namanya ACE2, madu kelulut menghambat proteinnya si covid-19 untuk menempel di sel manusia tambahnya.

Babinsa menerangkan “Madu sangat produktif untuk di kembangkan karena Desa Bukit Biru merupakan hutan lindung sekaligus dapat menambah penghasilan, pelestarian hutan dan habitat tawon madu,” terangnya.

“Peternakan madu kelulut ini sudah lama dibudayakan, namun dari hasil pengembangannya pemeliharaan madu ini sudah dapat membuahkan hasil, selanjutnya peternakan madu kelulut ini akan diperluas lagi. Peternakan Madu kelulut ini termasuk bidang usaha yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan keluarga”, Begitu keterangan yang disampaikan dari pemilik peternak madu kelulut yaitu Babinsa

Inilah bentuk wujud nyata kepedulian TNI dalam mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi covid-19, bergerak searah melawan Corona.

Sumber Penrem 091/ASN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed