oleh

Antusias Dan Semangat Satuan Linmas Dalam Mengikuti Pelatihan Yang Di Prakarsai Aparat Teritorial

Magetan jatim – Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban  lingkungan desa dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat,dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau perlindungan masyarakat yang dahulu kala pernah bernama Hansip.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana alam dan mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas desa senagai pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa” ujar Kepala desa Pelem bpk Didik Eko prihandono.

Babinsa desa Pelem Serma Supriono melaksanakan Pembinaan Pertahanan Wilayah dengan kegiatan pembinaan dan Pelatihan anggota Linmas seacara berkala pada tahun 2020 bertempat di balai desa Pelem Kec. Karangrejo.  Untuk kegiatan lapangan dipimpin langsung oleh pak Babinsa dengan harapan mampu menumbuhkan sikap mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas, sehingga di harapkan dapat di implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam Penanaman Disiplin Dan Semangat Bela Negara” Ungkapnya.

Serma Supriono menyampaikan Materi dilapangan meliputi Latihan Dasar Baris-berbaris bertujuan untuk meningkatkan disiplin, pembinaan mental, jiwa korsa/kebersamaan kepada rekan sesama Linmas serta Loyalitas yang tinggi atas Perintah Atasan, Tertanam juga Jiwa Patriotisme Cinta Terhadap Bangsa Dan Tanah Air” tambahnya.

Kepala linmas mengucapkan banyak trimakasih kepada Babinsa Serma Supriono yang telah melatih linmas dengan penuh semangat dan kegiatan bisa berjalan tertib dan lancar” tuturnya.

Di tempat terpisah Komandan koramil 0804/07 karangrejo Kapten Arm Agus Haryono mengungkapkan bahwa pelatihan anggota Linmas secara terpadu yang di pelopori Babinsa adalah suatu kehormatan dan kepercayaan dari lembaga desa terhadap TNI,  untuk itu ke depan Koramil 07 karangrejo Siap selalu bila di perlukan sewaktu waktu untuk melatih,  karena di antara tugas pokok TNI adalah mempersiapkan bala darat dalam perlawanan rakyat semesta,  Tegasnya.(R 07).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed