oleh

Bersih Kelurahan, Tiga Pilar Bersama Warga Ziarah ke Makam Leluhur Kelurahan Sukowinangun.

Sebagai Babinsa sudah seyogyanya bisa hadir dan turut serta dalam segala kegiatan yang ada di desa binaannya.Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01 Magetan Kodim 0804 Magetan Serka Karni sebagai Babinsa Kelurahan Sukowinangun menghadiri kegiatan ziarah di makam leluhur di Kelurahan Sukowinangun Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Jumat (18/09/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kelurahan Sukowinangun Bp Sucipto S Sos, Babinsa Kel, Sukowinangun Serka Karni,Babinkamtibmas Kel, Sukowinangun  Brigader Jumadi,Ketua Rw 01 Kel, Sukowinangun Bp Warsito,Warga sekitar lingkungan Rw 01 Kel, Sukowinangun.

Dan acara dimulai Ziarah petilasan Nyai Kembang Sore ( Arum dalu ), Ziarah Petilasan Kyai Suko,Ziarah Petilasan Kyai Tunggul Wulung,
Ziarah Petilasan Kyai Mlangi.

Serka Karni mengatakan bahwa kegiatan ziarah di makam leluhur yang dilakukan dalam rangka bersih desa merupakan tradisi budaya lokal turun temurun yang dilakukan oleh warga masyarakat Kelurahan Sukowinangun setiap tahunnya.

“Ziarah di makam leluhur dilakukan oleh warga masyarakat di Desa Ngadirenggo dengan tujuan untuk mengenang jasa leluhur yang dianggap sangat berjasa atas terbentuk dan berdirinya Kelurahan Sukowinangun,” ujar Serka Karni

Dalam kegiatan tersebut Serka Karni bersama warga desa berbondong bondong mendatangi makam leluhur dengan membawa peralatan kebersihan.

“Kegiatan ini diisi dengan membersihkan makam kemudian dilanjutkan menjalankan ritual keagamaan berupa doa tahlil bersama dipimpin oleh Kiyai Musahim,” terang Serka Karni.

Untuk diketahui bersama kegiatan bersih kelurahan Sukowinangun rutin setiap tahun dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah dan keselamatan serta untuk mengenang asal usul kelurahan Sukowinangun dan leluhur.

” Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkas Serka Karni. (R 01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed