oleh

Latihan UTP Teritorial Prajurit Kodim 0811 Tuban

Tuban – Komando Distrik Militer 0811/ Tuban menyelenggarakan Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Jabatan Teritorial pada hari Selasa (3/03/20), bertempat di halaman Makodim 0811 Tuban yang diikuti oleh seluruh personel jajaran Kodim 0811/Tuban. Kegiatan UTP ini merupakan kelanjutan dari Latorsar Jabatan yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan tujuan untuk menguji tingkat keterampilan perorangan sesuai dengan jenjang kepangkatan dan jabatan yang di embannya.

Sebelum dilaksanakan UTP Teritorial terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar (Latihan Perorangan Dasar). Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata Ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos serta Ketatalaksanaan Binter.

UTP Teritorial Materi Permildas

Dandim 0811 Letkol Inf Viliala Romadhon, S.Sos.M.I .Pol melalui Pasi Operasi Kapten Inf Priwahyudi menyampaikan bahwa “ Latihan ini merupakan tahap lanjutan dari UTP yang telah lalu (Pelaksanaan UTP Intelejen yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu) dan bertujuan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, ” ujarnya.

UTP Teritorial Materi Navigasi darat

Pasi Ops menjelaskan UTP ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap Tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata. Tetapi UTP Teritorial ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan di latihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), ungkapnya.

Sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan, pungkasnya.

UTP Teritorial materi Longmalap

Kapten inf Priwahyudi selaku Komandan Latihan menyampaikan bahwa “ latihan UTP Teritorial Ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing prajurit teritorial yang terjun langsung di lapangan bersama warga binaannya, sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya,” imbuhnya.

Selain itu, juga untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0811/ Tuban sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7,” urai Kapten inf Priwahyudi  yang sehari-hari menjabat Pasiops kodim 0811/ Tuban.

 

Diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari,” pungkasnya.(Pen Tuban).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed