oleh

Babinsa Lakukan Bersih Lingkungan Dan Pembuatan Lubang Biopori

Magetan Jatim  Babinsa desa Sumberagung Sertu Hariyono bersama Kades  dan perangkat desa melaksanakan giat bersih lingkungan sekitar kantor desa dan pembuatan BIOPORI.

 

Dalam kegiatan tersebut terwujud rasa kekompakan antara perangkat dan Kades serta Babinsa.

Kebersihan lingkungan dilaksanakan setiap Jumat dan Minggu yang disingkat Jumingsih.program tersebut merupakan program pemerintah.selain itu juga ada program di masa musim hujan yaitu pembuatan biopori.

 

Pembuatan biopori tersebut bertujuan secara ekologi dan bermanfaat untuk lingkungan.biopori dilakukan untuk memperluas penyerapan air ke dalam tanah.Manfaat lain sebagai penanganan limbah organik dan peningkatan kesehatan tanah.Selain itu biopori juga bermanfaat secara arsitektur  lengkap sehingga digunakan sebagai pelengkap pertamanan di lingkungan pemukiman maupun instansi,tutur Sertu Hariyono.

 

Selain itu biopori dapat membantu mencegah terjadinya banjir.Dengan membuat lubang resapan biopori dapat membantu air untuk segera masuk ke dalam tanah.Sampah organik yang ada di dalam lubang merupakan makanan dari cacing tanah.Cacing akan membuat terowongan yang akan dilalui oleh air yang masuk ke dalam lubang biopori tersebut.

 

Dengan giat bersih lingkungan dan pembuatan biopori di lingkungan kantor desa menjadikan motivasi bagi warga desa Sumberagung untuk mau peduli terhadap lingkungan wilayah sekitarnya.Sehingga desa Sumberagung menjadi bersih dan terhindar dari bencana banjir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed