oleh

DANRAMIL 0811/04 MERAKURAK HADIRI MUSYAWARAH ANTAR DESA (MAD) DAN SOSIALISASI TRANSFORMASI UPK DI BALAI DESA MANDIREJO KECAMATAN MERAKURAK KABUPATEN TUBAN

Tuban – Musyawarah Antar Desa (MAD) dan Sosialisasi Transformasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) ke Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) dalam acara tutup buku UPK tahun 2019, yang dihadiri Danramil 0811/04 Merakurak Kapten Cpl Herianto, di Balai Desa Mandirejo Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Kamis (20/02/2020).

 

Turut hadir Ir. Susilo Hadi Irwanto Kabag Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat dari Dispemas Kab.Tuban, Kapten Cpl Herianto Danramil 0811/04 Merakurak, AKP Simon Triyono Kapolsek Merakurak, Bpk. Sumartaja Sekcam Merakurak, Ir. Sutrisno Ketua BKAD Kec. Merakurak, Kepala Desa se Kec. Merakurak, Ibu-Ibu Kelompok SPP Kec. Merakurak, dan Para Tamu Undangan.

 

Ir. Susilo hadi Irwanto ( Kabag Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat dari Dispemas Kab. Tuban) dalam sambutanya mengatakan bahwa “Aset dan Program UPK (Eks PNPM) yang sudah berjalan selama ini, agar tetap dijalankan dan dikembangkan untuk pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan Perbup Nomer 27 tahun 2018 tentang pembentukan BUMDES Bersama (BUMDESMA), maka UPK diganti menjadi BUMDESMA. Aset yang ada di BUMDESMA ini adalah milik masyarakat bukan milik pemerintah.”

 

“BUMDESMA ini nantinya akan dikembangkan seperti UPK yaitu Simpan Pinjam dan Unit Ekonomi Produktif serta program unit usaha yang lain, Posisi Kepala Desa dalam BUMDESMA adalah sebagai penasihat. Hasil pengelolaan BUMDESMA adalah milik kita bersama, yaitu tiap desa mendapat sekitar 10% dari keuntungan/hasil usaha dan masuk ke pendapatan asli desa.” Harapnya.

 

Bpk Sumartaja (Sekcam Merakurak) dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pada awalnya UPK adalah PNPM dengan bantuan dana awal dari pemerintah dengan tujuan mengentaskan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. Saat ini masih ada dana desa agar digunakan dengan baik dan benar terutama untuk pemberdayaan masyarakat, sehingga ketika dana desa dicabut oleh pemerintah pusat desa sudah siap dan sudah mandiri.”

 

“Seiring berjalannya waktu pada tahun 2014 PNPM dihapus dan diganti menjadi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) untuk mengelola dana PNPM. Perkembangan UPK di Kec. Merakurak cukup baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat, untuk itu dengan dibentuknya BUMDESMA diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli Desa.” Tutur Sekcam.

 

Pelaksanaan Musyawarah Antar Desa dalam rangka laporan kerja UPK dan pembentukan BUMDESMA Kec. Merakurak. Bahwa pembentukan BUMDESMA Kec. Merakurak merupakan tindak lanjut dari Perbup Nomer 27 tahun 2018, tentang pengelola dana yang merupakan dana bantuan dari pemerintah kemudian dikembangkan dalam bentuk Simpan Pinjam, Unit Ekonomi Produktif serta unit usaha lainnya yang hasilnya atau keuntungannya masuk ke dana pendapatan asli Desa. (Pen Tuban)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed