oleh

Bati Komsos Koramil 0804/13 Bendo Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Bendo Tahun 2021

Magetan, Dalam rangka konsolidasi program serta memperoleh kesepakatan bersama, sinergitas, dan prioritas program kegiatan yang akan dilaksanakan serta terwujudnya akuntabel dan transparansi dalam bidang anggaran maka Kecamatan Bendo menyelenggarakan kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan Bendo tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Magetan Tahun 2021 bertempat di Balai Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo,Kabupaten Magetan.(Senin,17/02/2020)

Kegiatan dihadiri  Bupati Magetan Bpk Dr. Drs Suprawoto, SH, M.Si , Ketua DPRD Kabupaten Magetan Bpk Sujatno,SE , Ketua Bappeda Kab.Magetan Bpk Heru Setiyo Nugroho, ST,. MT, Camat Bendo Bpk. Tri Atmadi,  S. Sos, Danramil 0804/13 Bendo yang diwakili Peltu Nanang Beny S, Kapolsek Bendo AKP Endang Wahyuni, SE, Serta seluruh jajaran kepala desa Sekecamatan Bendo dan juga tamu undangan sekitar 150 orang.

Heru Setyo Nugroho ST, MT Kabid Perencanaan Bapeda Magetan menyampaikan Usulan prioritas Kec. Bendo th 2021 yang didanai melalui PIK (Pagu Indikatif Kecamatan) Musrenbag Kec. Bendo yaitu Pembangunan Kantor PKK dan ruang kerja Camat, Pembangunan talud jalan PU Kantor Pertanian, Pelatihan pengelolaan keuangan Desa (Siskeudes) bagi Kades dan Perangkat Desa se Kec Bendo, Pembangunan talud jalan PU serta Usulan prioritas Kec. Bendo th 2021 Usulan Reguler OPD / SKPD th 2021 Musrenbang Kec. Bendo yaitu Pembangunan jembatan Desa Carikan, Sudetan saluran air sepanjang jalan Ds Belotan sampai jembatan gandong, Pelebaran jembatan penghubung Desa Kledokan dan Ds Duwet, SLPHT tanaman jeruk Desa Duwet, Saluran air jalan PU Ds Dukuh. Dimana semua usulan-usulan akan disampaikan ke Dinas terkait dan kemudian Dinas terkait akan menentukan skala prioritasnya.

Camat Bendo, Tri Atmadi S. Sos menyampaikan kegiatan musrenbangcam ini merupakan kegiatan rutin,juga telah didahului Musrenbangdes yang dibawakan pada Musrenbangcam, selanjutnya, Musrencam berupa usulan prioritas kecamatan yang akan diusulkan dalam tingkat kabupaten Magetan untuk tahun 2021.

Heru Dwiyanto menyampaikan kegiatan Musrenbangcam pecahan dari RKPD ditiap tahun sebagai pembahasan Pemerintah daerah tahun 2021, untuk RPJMD pembangunan 5 tahunan kedepan.

Dr.Drs. Suprawoto SH,M.Si mengatakan Musrenbang wajib dilaksanakan karena merupakan amanah dari UUD. Pentingnya Musrenbang adalah sebagai acuan perencanaan pembangunan dimana dengan perencanaan yg baik maka 60% program sudah terlaksana dengan baik.Musrenbang merupakan wujud pembangunan partisipatif dengan melibatkan masyarakat dalam merencanakan rencana pembangunan dan harus ada kesepakatan serta dilaksanakan secara transparan dan terbuka.

Pengelolaan dana dan anggaran saat ini harus dilaksanakan dengan baik sesuai peraturan yang berlaku agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran dan diharapkan proses Musrenbang dapat berjalan dengan baik dengan mengakomodir usulan usulan yg konstruktif dan hasilnya tentu juga akan baik. Penyusunan RPJMD Kabupaten magetan dengan anggaran yang paling kecil yaitu 1,9 Triliun, dan 20 % untuk pendidikan, 10 % untuk kesehatan,25 % untuk Insfrakstruktur. Politik anggaran kita mendahulukan kepentingan masyarakat terlebih dulu,harapannya agar perekonomian menjadi lebih maju,  saya ingin menjadikan magetan sebagai kota wisata dan pusat pendidikan. Musrenbang sangat diperlukan adanya koordinasi yang lebih intensif dari berbagai strata pemerintahan dan juga berbagai fihak terkait melalui Forum Perangkat Daerah dan Musrenbangcam RKPD Tahun 2021.

Kapten Inf Sarpan ditemui ditempat terpisah menyampaikan program pembangunan harus melalui perencanaan yang transparan, efisien. Ia berharap agar sinergitas tetap terjalin erat guna menghadapi setiap masalah yang ada di wilayah seperti Kamtibmas dan bencana alam kita akan atasi bersama dan TNI AD melalui program Binter akan senantiasa siap sedia membantu masyarakat” (R-13)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed