oleh

Peran Aktif Babinsa Dalam Upaya Pendampingan Pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa

Magetan. Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, Babinsa Tawangrejo  Koramil 0804/11 Takeran Serma Doni Susanto mendampingi petugas Polindes Tawangrejo , kecamatan Takeran melaksanakan pendekatan  kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), di Desa Tawangrejo  Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Rabu (15/01/2020).

Dalam pendampingan tersebut, Serma Doni Susanto mengatakan, bahwa turut sertanya dalam tindakan pendampingan pengobatan kesehatan bagi penderita ODGJ salah satu warga Desa Tawangrejo  Kecamatan Takeran, sebagai wujud pelayanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat. “Ini merupakan salah satu wujud pelayanan kami sebagai anggota TNI kepada masyarakat, sehingga kedekatan dan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat dapat terjalin lebih erat,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Serma Doni Susanto bahwa dalam melaksanakan tugas pokok pembinaan wilayah, Babinsa bekerja sama dengan Aparatur Desa yang lain harus dapat menjaga, dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan. “Guna menunjang percepatan penyembuhan penderita ODGJ, peran aktif masyarakat khususnya keluarga dan lingkungan sekitar sangat diharapkan, sehingga upaya pengobatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” sambungnya.

Sementara itu, Perawat Polindes Tawangrejo yang mengurusi masalah tersebut mengungkapkan, bahwa penderita ODGJ secara fisik sehat tetapi kejiwaannya terganggu, sehingga memerlukan penanganan yang komunikatif, kompleks dan berkesinambungan.

 Ia juga mengungkapkan, penanganan penderita ODGJ tidak hanya dilakukan oleh pihak kesehatan saja, tetapi peran aktif lintas sektoral baik pemerintah, keamanan dan masyarakat khususnya keluarga serta lingkungan sekitar sangat diperlukan dalam menunjang upaya kesembuhan penderita. “Mereka juga manusia, jangan dikucilkan dari pergaulan. Dukungan moril dan komunikasi aktif dengan penderita sangat diperlukan untuk membantu proses penyembuhannya,” pungkasnya. (0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed