oleh

Forkopimca Bendo Hadiri Mini Lokakarya Lintas Sektor Di Uptd Puskesmas Bendo

Magetan Jatim- Berdasarkan Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas dari Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI tahun 2006 bahwa Mini Lokakarya  lintas sektor di tingkat puskesmas sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor. Karena sesuai di Sistem Kesehatan Nasional (SKN)  tahun 2004 bahwa Puskesmas adalah unit pelaksana dan pelayanan tingkat pertama. Oleh karena itu UPTD Puskesmas Bendo melaksanakan pertemuan dalam rangka Mini Lokakarya Lintas Sektor yang diselenggarakan di ruang rapat UPTD Puskesmas Bendo dimulai pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 12.00 wib. (Kamis, 30/01/2020)

 

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimca Bendo antara lain Camat Bendo Drs.Tri Atmadi S,Sos, Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan, Wakapolsek Bendo Iptu Subagyo, Kepala UPTD Puskesmas Bendo yang diwakili Dr. Rendra, Seluruh Kepala Desa atau yang mewakili Sekecamatan Bendo, Perwakilan Kader posyandu Sekecamatan Bendo dan seluruh undangan sekitar 50 orang.

 

Fungsi puskesmas yaitu sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan keluarga dan sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kebersamaan antar lintas sektoral sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing instansi. Serta saling membantu dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Bendo.

 

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dari Forkopimca bendo atau yang mewakili dan undangan semuanya. Kegiatan mini lokakarya lintas sektor sangat diperlukan guna untuk menjaring umpan balik atau usulan-usulan dan ini sebagai bahan perencanaan tribulanan berikutnya maupun pelaksanaan kegiatan yang ada di Puskesmas. Dalam kegiatan ini akan dipaparkan program-program yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang dilaksanakan oleh Puskesmas Bendo serta akan dipaparkan pula rencana-rencana yang akan dilaksanakan pada tribulanan berikutnya. Program-program yang dijalankan ini perlu kerja sama lintas sektor yang ada diwilayah kecamatan bendo “. Sambutan dari Dr. Rendra yang mewakili Ka. UPTD Puskesmas Bendo.

 

Kapten Inf Sarpan Danramil 0804/13 Bendo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama lintas sektor selama  sudah berjalan dengan baik, terutama puskesmas dengan Koramil 0804-13/ Bendo sudah bersinergi dengan mengadakan kegiatan di lapangan salah satu contohnya Para Babinsa ikut serta dalam pelayanan posyandu di masing-masing wilayah yang menjadi binaannya dengan tujuan disamping untuk mengetahui laju pertumbuhan penduduk juga bertujuan untuk mengetahui tentang permasalahan-permasalahan terkait dengan bidang kesehatan. Dan juga  menghadapi musim penghujan ini bersama Bidan Desa dan team pemantau jentik nyamuk para Babinsa ikut serta dalam pencegahan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan cara menguras bak mandi serta mengubur barang-barang bekas yang digenangi air yang dapat membuat nyamuk dapat berkembang biak. (heru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed